Pangkalpinang (Antara Bali) - Atraksi Liong dan Barongsai akan memeriahkan perayaan pelepasan dan penyambutan Tahun Baru Imlek 2563-2564 di Klenteng Kwan Tie Miaw, Pangkalpinang, 10 Februari 2013.

"Kita merayakan Imlek sejak tanggal 9 Februari dengan melakukan sembahyang syukur tutup tahun Imlek 2563 atau Sam Sip Pu yang dimulai sejak pagi jam 04.00 dini hari hingga pukul 22:00," kata Sekretaris Klenteng Kwan Tie Miau, Harry Sutanto di Pangkalpinang, Sabtu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sembahyang Tahun Baru Imlek 2564 pada pukul 23:00. "Selain itu juga akan ada penampilan atraksi Liong dan Barongsai dari sasana perkumpulan di Pangkalpinang yang dimulai sejak pukul 17:00 di sekitar klenteng," katanya.

Beberapa sasana yang akan tampil melakukan atraksi adalah Sasana Kim San, Lam Chiang, Cung Yie, Thian Lo Fu, Fuk San, Kong Chiang, dan Phoenix Sakti.

Dalam menyambut Imlek, suasana di sekitar klenteng yakni di Jalan Haji Muhidin Pangkalpinang sudah mulai meriah dengan pemasangan lampion warna merah.

Klenteng Kwan Tie Miaw merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Pulau Bangka. Klenteng tersebut dulunya bernama klenteng Kwan Tie Bio dan diperkirakan dibuat pada tahun 1841 masehi. Hal tersebut didasarkan pada aksara China pada lonceng besi di klenteng. (*/DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013