Pemerintah Kabupaten Badung, Bali berupaya menekan inflasi khususnya menjelang hari raya Galungan dan Kuningan melalui kegiatan Pasar Murah dan Badung Promo Tani. 
 
"Setiap menjelang hari raya besar seperti Galungan, beberapa kebutuhan untuk hari raya mengalami peningkatan harga. Sehingga ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan harga dan menekan laju inflasi," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana di Mangupura, Rabu. 
 
Ia mengatakan, kegiatan hasil kolaborasi Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung itu mengambil waktu sepekan menjelang Hari Galungan, mengingat harga sejumlah kebutuhan upacara cenderung mengalami kenaikan. 
 
Menurutnya, kegiatan itu menjual berbagai produk pertanian dan peternakan hasil produksi petani Badung. Selain itu, ada juga produk olahan yang dijual oleh para pelaku UMKM. 
 
"Puluhan UMKM yang ikut dalam kegiatan ini yang menampilkan produk binaan DiskopUKMP dan juga produk dari petani maupun peternak lokal Kabupaten Badung," kata dia. 
 
Wayan Wijana berharap, dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat yang datang bisa mendapatkan berbagai kebutuhannya dengan harga yang lebih murah dan berkualitas. 
 
Sementara itu, Kepala Bidang DiskopUKMP Badung I Ketut Antara menjelaskan kegiatan itu diikuti sekitar 30 UMKM baik dari binaan DiskopUKMP maupun UMKM pertanian dan peternakan lokal Badung. 
 
"Pelaksanaan kegiatan ini kami harap bisa menjaga stabilitas harga menjelang hari raya yang sekarang semakin meningkat yang sejalan dengan imbauan Bupati Badung agar bisa menekan laju inflasi dan menstabilkan harga kebutuhan pokok," kata dia menjelaskan.

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024