Pemerintah Kota Denpasar, Bali, melaksanakan pameran Gelar Bersama Industri dan Perdagangan Bermutu (Gema Tridatu) sebagai salah satu upaya untuk menekan inflasi dan sekaligus memeriahkan HUT ke-236 Kota Denpasar.

"Setidaknya dengan pameran ini juga bisa meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya Galungan," kata Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Sabtu.

Dalam pameran yang berlokasi di kawasan depan Museum Bali yang berlangsung selama dua hari (16-17 Februari 2024) menjual bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran terutama beras.

Jaya Negara menambahkan, pelaksanaan pameran Gema Tridatu ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Denpasar dalam mewujudkan UMKM naik kelas sehingga ke depannya mampu berdaya saing baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

"Jadi kegiatan ini dikemas dengan kolaboratif, ada pasar murah, operasi pasar, ada UMKM kerajinan dan fesyen, ada juga safari kesehatan, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Bupati Buleleng upayakan harga beras turun

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari mengatakan kegiatan pameran merupakan upaya peningkatan kesejahteraan bagi pelaku IKM/UMKM Kota Denpasar.

Kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar dan Dekranasda Kota Denpasar dalam rangkaian acara HUT ke-236 Kota Denpasar.

Pameran Gema Tridatu, lanjut dia, merupakan inovasi untuk menciptakan kegiatan promosi bagi IKM/UMKM Kota Denpasar.

Beberapa pihak turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya Komunitas Keris (Setiaki 9), UMKM fesyen, perajin tenun endek dan lainnya.

Beberapa kegiatan turut dikemas yakni pameran dari 40 pelaku IKM/UMKM dan pasar murah, senam bersama dan lomba tarik tambang, pemeriksaan kesehatan gratis, konseling mobil ceria, bazar pangan dan kuliner dari PKK Kota Denpasar.

Baca juga: Sekda Bali minta TPID cegah inflasi saat hari raya beruntun

Dalam pasar murah harga beras Raja Premium yang ukuran 5 kilogram seharga Rp69.000, beras premium SPHP 5 kg dengan harga Rp52.500, gula dengan harga Rp15.000/kg, dan cabai 1 kg dengan harga Rp50.000.

Kemudian bawang merah 1 kg dengan harga Rp28.000, bawang putih 1 kg dengan harga Rp33.000, Minyak Kita 1 liter dengan harga Rp15.000 dan telur dengan harga Rp45.000/krat.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024