Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali membantu 43 unit traktor kepada kelompok tani, sebagai upaya memudahkan mereka dalam menggarap sawah untuk ditanami padi.

"Pengadaan 43 unit traktor yang akan diberikan kepada kelompok tani di delapan kabupaten dan satu kota itu, mendapat dukungan dana dari APBD 2013," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali Ida Bagus Wisnuardana di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan bantuan traktor tangan tersebut akan tetap diupayakan pada masa-masa mendatang, mengingat banyak petani menunggu untuk mendapat atrean traktor di kawasan subak, sehingga berpengaruh terhadap mundurnya penanaman padi.

Oleh sebab itu, pengadaan traktor akan dilakukan secara berkesinambungan, baik dengan dukungan dana APBD maupun pemerintah pusat.

Ida Bagus Wisnuardana menjelaskan, kondisi petani di Bali umumnya memiliki lahan garapan yang relatif sempit, lemah dalam permodalan, rendah pengetahuan dan keterampilan, namun rajin dan ulet menyerap teknologi baru dalam bidang pertanian.

Oleh sebab itu Pemprov Bali berusaha mengangkat pendapatan petani melalui program peningkatan produksi. Meningkatkan kegairahan petani antara lain dengan membantu sarana produksi, intensif percepatan pengolahan tanah dan bantuan peralatan lainnya. (*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013