Pemerintah Kota Denpasar, Bali, terus memperkuat sinergi bersama perbekel (kepala desa) dan lurah untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor di kota setempat.

"Pemerintah tentu tidak dapat bekerja sendiri dalam mewujudkan kemajuan kota. Perbekel dan lurah menjadi ujung tombak pembangunan sebuah kota," kata Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, di Denpasar, Kamis.

Jaya Negara dalam Rapat Koordinasi Forum Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar menyampaikan bahwa inovasi dan terobosan yang dilaksanakan pimpinan di tingkat desa dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Beberapa sektor utama turut menjadi pembahasan strategis yakni infrastruktur pendidikan, infrastruktur jalan, penanganan sampah, peningkatan LPJU, penataan fiber optik, kegiatan kreatif hingga penguatan UMKM Kota Denpasar.

"Tentunya, sinergitas ini sangat penting dalam mendukung terwujudnya pembangunan yang berkemanfaatan dan berkelanjutan," ujarnya.

Momentum rapat koordinasi bersama perbekel/lurah ini merupakan wahana untuk menggali potensi dan menginventarisasi permasalahan di lapangan sehingga mampu mewujudkan optimalisasi pelayanan bagi masyarakat.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi wahana untuk menggali potensi, inovasi dan berbagai kegiatan di desa/kelurahan sehingga mampu mewujudkan Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju dengan spirit Vasudhaiva Khutumbakam (kita semua bersaudara)," katanya.

Jaya Negara menekankan Pemkot Denpasar terus berkomitmen mengatasi permasalahan strategis. Untuk penanganan sampah Pemkot Denpasar terus mendukung optimalisasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R). Tak hanya itu, armada truk juga turut ditambah sebanyak 17 truk sampah.

Sedangkan untuk penanganan LPJU dan penyediaan air bersih, Pemkot Denpasar juga telah merancang KPBU serta banyak inovasi lainnya yang tentunya memerlukan sinergitas dan kolaborasi semua pihak, termasuk perbekel/lurah.

Ketua Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar I Gede Wijaya Saputra memberikan apresiasi atas kehadiran Wali Kota Denpasar pada rapat koordinasi rutin Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar.

Hal ini, kata dia, menjadi gayung bersambut untuk mendiskusikan hingga menciptakan solusi atas permasalahan di lapangan.

"Ini merupakan momentum baik untuk menciptakan solusi dan membangun sinergitas bersama dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berkemanfaatan," kata Wijaya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, camat se-Kota Denpasar, dan perbekel/lurah se-Kota Denpasar.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023