Bupati Karangasem, Bali I Gede Dana menyampaikan keinginannya agar ibu kota Amlapura dapat semakin berkembang dan menjadi pusat perekonomian di kabupaten setempat.

Hal tersebut disampaikannya saat berpidato saat apel perayaan HUT ke-383 Kota Amlapura, Kamis.

“Selain menjadi pusat bisnis dan pemerintahan di Kabupaten Karangasem, Kota Amlapura juga diharapkan bisa makin berkembang dan menjadi denyut bagi kemajuan perekonomian di Kabupaten Karangasem,” kata dia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, orang nomor satu di Pemkab Karangasem itu mengajak masyarakat semakin bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi dan informasi, tentunya dari sisi positif sebagai upaya mendorong bisnis, investasi dan peningkatan transaksi di Karangasem.

Apalagi, kata dia, saat ini Pemprov Bali sedang mendorong digitalisasi, sehingga segala transaksi yang berbasis digital dapat diterapkan secara luas karena lebih mudah dan aman.

Selain untuk mendorong perkembangan Kota Amlapura dari segi teknologi dan bisnis, yang terpenting dalam HUT ke-383 ibu kota Karangasem ini bisa melahirkan semangat baru bagi masyarakatnya.

“Tentu harapan kami HUT Kota Amlapura yang ke 383 ini bisa semakin memberikan semangat bagi masyarakat untuk bersama membangun demi kemajuan Karangasem. Tentunya dengan tetap menjaga semangat menyame braya (persaudaraan) yang menjadi ciri khas masyarakat di Kabupaten Karangasem,” ujar Gede Dana.

Salah satu upaya memajukan Kota Amlapura juga dilakukan dalam rangkaian perayaan HUT ke-383 ini, yaitu melalui gelaran pameran potensi pembangunan di Lapangan Budaya Chandra Buana.

Di lokasi tersebut, tersusun lapak pameran kerajinan dan produk usaha mikro kecil menengah asli Karangasem, serta selama pameran berlangsung digelar pentas berbagai hiburan rakyat dan konser musik.

Khusus sore hari, Pemkab Karangasem juga mengadakan pawai budaya, adat, seni dan tradisi yang diikuti oleh peserta dari masing-masing kecamatan di Karangasem, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Gede Dana.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023