Sebanyak 239 kontestan yang terdiri dari 182 atlet Indonesia dan 57 atlet internasional dari 12 negara berlaga dalam kejuaraan Smash On Drugs (SOD) International Table Tennis Championship 2023 di Bali.
 
Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose, mengatakan kejuaraan internasional tersebut diadakan oleh BNN RI di Auditorium Widya Sabha, Universitas Udayana, Badung, Bali, pada 17 sampai 21 Juni 2023 dengan mengambil tema "Melalui Olahraga Tenis Meja Kita Gelorakan Perang Melawan Narkoba Demi Indonesia Bersinar".
 
"SOD International Table Tennis Championship 2023 ini jadi ajang tahunan BNN RI yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 yang jatuh pada 26 Juni mendatang," kata Golose, Sabtu.
 
Adapun atlet yang berlaga di kejuaraan Smash on Drugs Smash On Drugs (SOD) International Table Tennis Championship 2023 yakni Malaysia, China, Thailand, Chinese Taipei, Luxembourg, India, Jepang, Makau China , Singapura, Jerman, Filipina, dan Korea Selatan.
 
"Seharusnya ada Amerika juga datang, tapi last minute (menyatakan tidak jadi)," kata dia.
 
Para atlet akan bertanding dalam empat kategori, yaitu Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra, dan Ganda Putri, untuk memperebutkan hadiah dengan nilai total sebesar 40 ribu dolar AS.
 
Mantan Kapolda Bali itu menjelaskan pergelaran SOD yang menjadi salah satu kegiatan rutin BNN RI dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) merupakan implementasi pendekatan soft power sebagai strategi BNN RI dalam perang melawan narkoba, War On Drugs.
 
"Kegiatan-kegiatan soft power approach ini kita lakukan untuk menggemakan peran dan fungsi masing-masing stakeholder khususnya dalam bidang olahraga untuk tetap mengkampanyekan bagaimana kita bersama-sama dalam penanggulangan narkotika," kata Golose.
 
BNN RI sendiri meyakini bahwa olahraga dapat memberikan banyak manfaat bukan hanya menyehatkan tubuh, melainkan juga dapat membentuk karakter yang kuat, penuh percaya diri, serta sportivitas yang tinggi. Karakter seperti itulah yang dibutuhkan dalam membentuk ketahanan diri dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.
 
BNN RI berharap SOD International Table Tennis Championship 2023 ini dapat menggelorakan semangat War On Drugs hingga pada level internasional, sehingga lebih banyak aksi dan sinergi dalam P4GN yang dapat dilakukan bersama.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023