Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali mengapresiasi salah satu mahasiswanya Sayu Bella Sukma Dewi, peraih medali emas cabang balap sepeda pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Dekan FOK Undiksha I Ketut Budaya Astra, S.Pd.,M.Or berharap prestasi yang diraih Sayu Bella dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain maupun bagi para dosen dalam melakukan pengembangan minat bakat dan pembinaan terhadap mahasiswa.

Sayu adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Undiksha.

"Saya turun pada cabang olahraga balap sepeda dan meraih medali emas pada nomor 'Cross Country Olympic' (XCO)," kata Sayu Bella Sukma Dewi di Singaraja, Sabtu.

Sayu Bella menuturkan, untuk meraih prestasi tersebut perlu perjuangan yang sangat keras dan tidak terlepas dari dukungan orangtua, keluarga, pelatih, pemerintah, dan juga dari FOK Undiksha.

Dukungan tersebut salah satunya diwujudkan dalam bentuk keringanan dari fakultas karena ia harus mengikuti pelatihan. Sebelum tampil pada ajang SEA Games Kamboja, dirinya melakukan persiapan selama tujuh bulan, tepatnya sejak Oktober 2022.

Persiapan tidak terbatas pada fisik tetapi juga mental. Kerja keras dan keyakinannya mampu mengantarkannya menjadi yang tercepat diantara 17 peserta lainnya pada nomor XCO putri dan meraih juara pada nomor XCR.

Meskipun demikian, prestasi tersebut tidak membuatnya langsung berpuas diri tetapi justru menjadi motivasi untuk bisa mengikuti kompetisi internasional lainnya dan berharap kembali menorehkan hasil yang gemilang.

Pada 22 Mei, atlet asal Tejakula, Buleleng itu akan berangkat ke Swiss untuk mengikuti training World Cycling Centre.

Atlet kelahiran 16 Agustus 2003 itu sudah menekuni balap sepeda sejak tahun 2017 dan mengikuti kompetisi pertamanya pada Walikota Cup di Denpasar.

Pada ajang tersebut, Sayu Bella berhasil meraih juara. Kecintaannya pada olahraga sepeda terus berlanjut dan sempat tampil pula pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Bali, SEA Games di Vietnam, dan sebagainya.

 

Pewarta: IMBA Purnomo

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023