Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali memberikan pelatihan kepada puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.
 
Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Gedung UPTD Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa.
 
Bupati Suwirta mengatakan para pelaku UMKM harus bisa menunjukkan kualitas baik dari segi produk yang dihasilkan maupun sumber daya manusianya agar dapat mengembangkan usaha yang digelutinya.
 
Kualitas SDM dan produk yang berkualitas pada akhirnya menghasilkan inovasi yang mendukung perkembangan bisnisnya. Karena itu, Nyoman Suwirta meminta pelaku UMKM yang ikut dalam pelatihan tersebut agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai ajang untuk menaikkan kelas dari produk yang dihasilkan selama ini.
 
"Ikuti pelatihan ini dengan baik, tentunya dengan harapan produk bisa naik kelas, mempunyai niat untuk mempraktikkan langsung dengan keterampilan yang ada, pengelolaan keuangan yang baik, pemahaman penggunaan teknologi, pengembangan softskill, serta meningkatkan produktivitas," kata Bupati asal Nusa Penida tersebut.

Baca juga: 80 mitra Rumah BUMN Denpasar pasarkan produk UMKM
 
Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Klungkung I Nengah Supartha mengatakan maksud dan tujuan pendidikan dan pelatihan terhadap pelaku UMKM tersebut adalah untuk memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya, memberikan fasilitasi solusi permasalahan usaha, membuka peluang kemitraan.
 
Selain itu, pelatihan tersebut menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk saling mempromosi produk dan meningkatkan motivasi, serta kepercayaan diri dalam menjalankan usaha, sehingga UMKM dapat bertahan dan bersaing dalam situasi apapun.
 
"Diklat angkatan I ini dilaksanakan dari tanggal 9 Mei sampai dengan 12 Mei 2023, bertempat di Ruang Rapat Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang," kata dia.

Baca juga: UMKM Denpasar meriahkan pasar rakyat berbelanja dan berbagi

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023