Batam (Antara Bali)  -  Penyakit kanker bila terdeteksi secara dini dapat memudahkan dan meningkatkan keberhasilan pengobatan serta mengurangi biaya penanganannya, demikian mengemuka dalam seminar sehari dengan narasumber kalangan dokter ahli di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/12).

Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam rilisnya, Senin, mengemukakan para ahli mengatakan jika kanker ditemukan pada stadium dini, belum menyebar, biasanya dapat diobati dan hasilnya optimal, serta biayanya pun tidak terlalu mahal.

Seminar itu diselenggarakan Rumah Sakit Otorita Batam-Badan Pengusahaan (RSOB-BP) Batam, menampilkan beberapa pembicara ahli yaitu  dr Adriyant SpOG dengan topik Kanker Serviks, dr Meidy Daniel Posumah SpA dengan topik Screening Tiroid pada Anak, dr Wahyu SpPD dengan topik Screening Tiroid pada Dewasa, dr Oke Viska SpP tentang Kanker Paru, dr Josua SpB dengan materi Kanker Payudara, dr A Mubin Hutasuhut SpU dengan topik Kanker Prostat, dan dr Aditomo Widarso SpB dengan topik Kanker Usus Besar.

Risiko terjadinya penyakit itu antara lain berkaitan dengan faktor keturunan seperti kanker payudara, kanker kulit, dan kanker usus besar; faktor lingkungan seperti asap rokok; faktor makanan yang mengandung bahan kimia, serta faktor infeksi virus dan radikal bebas.

Direktur RSOB-BP Batam, dr Indra Yanti SpA, memaparkan bahwa umumnya kanker terdeteksi saat sudah sangat tinggi stadiumnya.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012