Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta meminta para pengurus Pramuka Kwartir Cabang Klungkung mengasah mental dan keterampilan melalui berbagai kegiatan kepramukaan.
 
Nyoman Suwirta saat melepas Kontingen Pramuka Kabupaten Klungkung di depan Kantor Bupati Klungkung, Bali, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut nantinya dapat mengimplementasikan konsep pembangunan manusia di Kabupaten Klungkung yakni Gema Santi (Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif).
 
Dia pun meminta para pelajar yang lolos seleksi masuk kontingen Pramuka Kwartir Cabang Klungkung agar secara aktif dan mandiri dapat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan tersebut untuk mengasah ketrampilan dan mental.
 
Bupati Suwirta berpesan kepada pengurus Pramuka Kwartir Cabang Klungkung untuk mendidik para anggota pramuka dengan baik dengan pengetahuan teoritis, tidak hanya saat akan lomba, tetapi juga dibekali dengan keterampilan praktis yang dapat menguatkan karakter para pelajar.
 
"Jangan hanya dididik pada saat mengikuti dan mengadakan kegiatan saja, tetapi lakukan pemantauan kepada anggota pramuka dalam melaksanakan kegiatan sehari-sehari apakah sudah menerapkan nilai-nilai pramuka atau tidak," kata Bupati Suwirta.

Baca juga: Kwarcab Pramuka Badung gelar Lomba Penggalang Tingkat III saring insan terbaik
 
Sementara itu, Ketua Kontingen Klungkung Ni Wayan Wahyu Putri Utami dalam keterangannya mengatakan Kontingen Pramuka Kabupaten Klungkung akan melaksanakan Lomba Tingkat Empat (LT IV) yang diikuti oleh pelajar tingkat SMP yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai Margarana, Tabanan, Bali.
 
Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, sejak 30 Maret 2023 hingga 2 April 2023. Kontingen Pramuka Klungkung mengirimkan satu regu putra dari Regu Rajawali SMPN 3 Semarapura dan satu regu putri berasal dari Regu Kamboja SMPN 1 Semarapura dengan masing-masing regu berjumlah delapan orang.
 
"Lomba Tingkat Empat tersebut nantinya diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya pengamalan kode kehormatan, kegiatan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang ketrampilan kepramukaan dan bela negara, bidang keterampilan hidup dan manajerial, serta kegiatan festival budaya," kata dia.
 
Putri Utami mengatakan para pelajar yang masuk dalam Kontingen Pramuka Klungkung sebelumnya terlebih dahulu diberikan pembinaan mengenai perlombaan sejak 26 Februari hingga 22 Maret 2023, dan pemusatan latihan yang diadakan pada 24-25 Maret 2023.

Baca juga: Sekda Buleleng tekankan pentingnya penguatan karakter generasi muda

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023