Pemerintahan Kabupaten Gianyar, Bali, dinilai sukses menciptakan tenaga kerja mandiri (TKM) dan masuk 20 kabupaten seluruh Indonesia yang melaksanakan perluasan kawasan tenaga kerja mandiri (TKM) dengan baik.

Atas prestasi ini kabupaten itu mendapat kunjungan dari guru besar IPB dan tim pendamping program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan mitra dari Kementerian Ketenagakerjaan.

"IPB merupakan pendamping program perluasan kesempatan kerja yang merupakan mitra dari Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengunjungi lokus padat karya dan kelompok tenaga kerja mandiri (TKM) di Kabupaten Gianyar," kata Bupati Gianyar, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar, Senin.

Baca juga: Harga bahan pokok di Kabupaten Gianyar naik

“Dari 20 kabupaten yang melaksanakan program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan di seluruh Indonesia, Kabupaten Gianyar merupakan satu-satunya yang berjalan dengan baik,” ujar Dayu Surya, panggilan akrab Kadis Tenaga Kerja Gianyar.

Pemkab Gianyar menggelar pameran produk dari tenaga kerja mandiri untuk mempromosikan hasil kerjanya. “Pameran seperti ini sangat diapresiasi oleh Guru besar IPB sebagai bentuk promosi hasil olahan tenaga kerja mandiri. Bahkan Guru besar IPB memborong hasil olahan TKM kita,” ujar Bupati.
.
Dalam pameran itu, TKM binaan Disnaker Gianyar memamerkan berbagai produk olahannya seperti kripik singkong dan talas, mie kelor, VCO dan beras organik dari TKM Desa Sidan. Sedangkan dari TKM Desa Bakbakan memamerkan bumbu rajang kering, bumbu bawang, serta kripik ayam dan kripik pare serta olahan pisang menjadi bolu. Serta TKM Desa Lebih menjamu tim pendamping dari IPB dengan olahan ikan hasil tangkapan nelayan Desa Lebih.

Dayu Surya berharap ke depan TKM bisa mengembangkan produknya dalam marketing sehingga bisa meningkatkan daya jual produk.“Harapan saya para TKM bisa berinovasi mengembangkan produk dan memasarkan dengan metode yang baik sehingga bisa lebih dikenal dan mampu meningkatkan jumlah penjualan yang akan mampu memutar perekonomian,” katanya.

Guru Besar IPB mengunjungi Puspa Aman Desa Sukawati pada, Senin (27/2) serta mengunjungi store Dekranasda Kabupaten Gianyar di Pasar Seni Sukawati Blok B.

Baca juga: Dekranasda Gianyar tampilkan 30 desain di Indonesia Fashion Week

Sementara itu Bupati Gianyar menyampaikan ucapan terima kasih atas penetapan Kabupaten Gianyar sebagai satu-satunya Kabupaten di Bali sebagai penerima program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan tahun 2022.

“Terimakasih telah menjadikan Kabupaten Gianyar sebagai penerima program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. Dimana program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Gianyar untuk meng-upskill SDM Gianyar,” pungkasnya.

Pimpinan rombongan Zaenal Effendi sangat mengapresiasi kinerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar karena telah melaksanakan Program Kemenaker dengan sangat baik dengan hasil yang sangat positif dan dapat dirasakan oleh masyarakat.


 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023