Barabai (Antara Bali) - Bupati Hulu Sungai Tengah, Harun Nurasid, menginstruksikan seluruh dinas atau instansi pemerintah di salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan itu menyajikan pangan lokal sebagai konsumsi saat menggelar pertemuan maupun rapat.

Menurut Harun di Barabai ibukota Kabupaten HST, Minggu, instruksi tersebut dikeluarkan sebagai implementasi dari program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP) yang telah dicanangkan secara nasional.

Program P2KP, kata Bupati, bertujuan mengatasi persoalan masih tingginya ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi beras dan terigu serta belum optimalnya konsumsi lokal untuk konsumsi pangan harian masyarakat.

"Untuk itu saya menghimbau kepada semua jajaran pemerintah Kabupaten HST dan masyarakat untuk memanfaatkan pangan lokal sebagai konsumsi dalam kegiatan acara rapat, pertemuan dan pelatihan," katanya.

Menurut Harun, melalui upaya tersebut diharapkan dapat mempercepat penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Gizi  yang sangat dibutuhkan dalam peningkatan kualitas kesehatan dan produktivitas sumber daya manusia Indonesia yang berbasis pangan lokal dan kemandirian pangan.

Selain itu, upaya tersebut diharapkan akan dapat memperkokoh perekonomian pedesaan sebagai penghasil pangan dalam menghadapi  perdagangan global yang semakin kompetitif. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012