Pemerintah Kabupaten Badung, Bali meminta sejumlah jajaran di wilayahnya seperti jajaran camat, perbekel atau kepala desa, lurah sampai ke tingkat kelian dinas dan kepala lingkungan agar melakukan pengawasan penggunaan bantuan stimulan bencana secara ketat.

"Pengawasan ini dilakukan agar bantuan yang diberikan oleh Pemkab Badung ini tepat guna dan tepat sasaran dan dana bantuan ini betul-betul dimanfaatkan untuk melakukan pemulihan," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Rabu.

Guna membantu masyarakat terdampak bencana, Pemerintah Kabupaten Badung Bali telah menyerahkan bantuan stimulan untuk kejadian yang tidak dapat diprediksi sebelumnya yaitu bencana di wilayahnya.

Bantuan stimulan bencana itu diserahkan untuk puluhan penerima manfaat yang merupakan warga Badung yang terdampak bencana seperti akibat cuaca ekstrem, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang.

Baca juga: Badung salurkan bantuan Rp3,5 miliar untuk korban bencana

Bupati Giri Prasta mengatakan pengawasan itu perlu dilakukan oleh para aparat di wilayahnya hingga ke tingkat terbawah agar betul-betul memantau penggunaan dana bantuan itu.

"Jangan sampai dengan adanya bantuan ini menimbulkan permasalahan hukum, ini yang harus kami hindari. Dan saya yakin dan percaya dalam setiap kondisi apapun yang terjadi di Badung saya pastikan selaku Bupati selalu hadir untuk masyarakat," kata dia.

Ia menambahkan seluruh masyarakat Badung apabila mengalami musibah bencana diharapkan agar segera melapor kepada kelian dinas/kepala lingkungan di masing-masing wilayahnya agar bisa segera didata dan dilaporkan kepada BPBD Kabupaten Badung.

Setelah datanya masuk, nantinya tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (JituPasna) Kabupaten Badung akan turun ke lapangan untuk melakukan suatu rangkaian kegiatan pengkajian dan penilaian akibat, analisis dampak.

"Tim ini juga akan memperkirakan kebutuhan yang menjadi dasar bagi penyusunan renaksi rehabilitasi dan rekonstruksi," tambah Bupati Giri Prasta.

Baca juga: Pemkab Badung cairkan bantuan pemulihan bencana Rp2,9 miliar

Kepala Pelaksana BPBD Badung Wayan Darma menambahkan disalurkannya bantuan kepada korban bencana itu diharapkan akan mampu memotivasi korban dampak bencana untuk kembali bangkit dan pulih lebih cepat.

"Bantuan ini bermanfaat terlebih bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah terdampak bencana di Badung," ujar dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023