Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan bahwa pihaknya akan menyosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat dengan pawai di jalanan yang diikuti partai politik secara serentak di seluruh kabupaten/kota.

"14 Februari 2023 akan dilakukan pawai dengan sepeda, sepeda motor, atau mobil di seluruh Bali jam 9.00 Wita. Jadi semua (partai politik, Red) keliling serentak, sehingga dari atas bendera partai terlihat semua," kata dia di Denpasar, Selasa.

Lidartawan mengungkapkan bahwa kegiatan ini digagas langsung oleh KPU Bali dan akan dilakukan secara perdana untuk menyosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat, termasuk di daerah.

Pawai partai politik juga dilakukan bertepatan dengan satu tahun menuju Pemilu 2024, sehingga dengan metode sosialisasi ini diharapkan cepat melekat di masyarakat.

Untuk rutenya, para tim dari partai politik akan bersama-sama bergerak di jalanan utama daerah kabupaten/kota masing-masing.

Sementara untuk KPU Bali dan Denpasar dijadwalkan untuk melaksanakan pawai mengelilingi kawasan Renon.

Baca juga: LKBN ANTARA Biro Bali kunjungi KPU tegaskan komitmen kawal pemilu

"Kita keliling Renon, menaikkan bendera partai politik, nanti juga dengan komunitas macam-macam, ada yang jalan santai juga maka terlihat dari atas warna-warna berbeda," ujar Lidartawan.

Dari prediksinya, apabila saat pawai partai politik dilakukan pengambilan gambar dengan drone atau pesawat nirawak yang besar, maka seluruh rombongan yang mengintari Denpasar akan dapat terlihat.

Tak berhenti di sana, setelah acara pawai berakhir, malamnya di hari yang sama, KPU Bali akan mengumpulkan para stakeholder kepemiluan, mulai dari jajaran pemerintah di Bali hingga ketua-ketua partai politik di sini.

Akan dilaksanakan gathering dan makan malam bersama yang diagendakan di kantor KPU Bali Jalan Cok Agung Tresna, Denpasar atau dapat diubah ke tempat makan karena belum dapat dipastikan.

Giat-giat ini dilakukan KPU Bali bertujuan untuk menyampaikan bahwa pihaknya telah siap menyambut Pemilu 2024 yang berlangsung pada tahun mendatang.

Bahkan, Lidartawan merencanakan nantinya saat pembukaan masa kampanye dilakukan orasi masing-masing partai politik di mal dengan disiapkan stan untuk berkampanye secara bergiliran.

Baca juga: KPU Bali sebut PPS perempuan di Bangli lebih dari 30 persen

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023