Pemerintah Kabupaten Badung Bali akan melakukan vaksinasi booster Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) untuk hewan ternak di wilayahnya secara maksimal untuk menekan angka penyebaran virus PMK.

"Kami di Kabupaten Badung akan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi booster ini bersama seluruh tim serta menjalin kolaborasi dan sinergi dengan jajaran TNI/Polri serta pemangku kepentingan lainnya," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam keterangannya di Mangupura, Minggu.

Ia mengatakan kerja sama dan upaya gotong-royong bersama oleh seluruh elemen itu diyakini akan membantu pencapaian target vaksinasi booster PMK.

Pihaknya menargetkan capaian vaksinasi booster PMK di Badung hingga bulan Juni mendatang dapat mencapai 80 persen dari total sasaran ternak yang rentan terjangkit PMK.

Wabup Ketut Suiasa menjelaskan pada vaksinasi sebelumnya, Kabupaten Badung dapat mencapai target vaksinasi PMK sebesar 97 persen. Harapannya capaian tersebut bisa kembali diraih dalam pelaksanaan vaksinasi booster PMK untuk ternak sepanjang tahun ini.

Baca juga: Pemkab Badung fasilitasi kegiatan positif generasi muda

"Mengingat apa yang kami lakukan terhadap vaksinasi PMK sebelumnya, kesuksesan kita luar biasa dimana Badung bisa mencapai 97 persen. Tentu target 80 persen ini merupakan target minimal yang harus bisa kami capai di bulan Juni tahun 2023," kata dia.

Ia menambahkan selain memaksimalkan kinerja tim vaksinasi bersama dengan stakeholder terkait partisipasi masyarakat khususnya peternak di Badung dinilai juga sudah sangat bagus dalam menyukseskan vaksinasi. Selain itu kinerja perangkat desa selama ini juga terpantau sudah turut membantu.

Menurutnya upaya bersama yang dilakukan berbagai pihak itu dilakukan karena Kabupaten Badung ingin memberikan kontribusi positif bagi suksesnya vaksinasi PMK secara nasional

"Dengan demikian kami optimis dan yakin bahwa target yang kami miliki ini akan dapat tercapai untuk pelaksanaan Vaksinasi Booster PMK di Badung," tambah Wabup Ketut Suiasa.

Di wilayah Bali kick off Vaksinasi Booster dalam penanganan PMK dipusatkan di wilayah Kabupaten Badung bertempat di Sentra Pembibitan Sapi Sobangan.

Baca juga: Pemkab Badung ajak semua pihak atasi AIDS, TB dan Malaria

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023