Pemerintah Kota Denpasar, Bali, melakukan perawatan pohon perindang dengan pemangkasan untuk mengantisipasi pohon tumbang dan sekaligus menyambut HUT ke-235 Kota Denpasar pada 27 Februari 2023.

"Kami secara bertahap melakukan perawatan ini. Selain menyambut HUT Kota Denpasar, juga upaya antisipatif untuk keselamatan warga di jalan," kata Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Pertamanan DLHK Kota Denpasar Ida Ayu Widhiyanasari di Denpasar, Jumat.

Kegiatan pemangkasan atau perompesan yang kali ini dipusatkan di seputar Jalan Diponegoro, Kota Denpasar melibatkan beberapa jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Denpasar dan pihak terkait.

Di antaranya dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Perusahaan Listrik Negara, serta pihak kepolisian.

Baca juga: Dinkes Denpasar minta masyarakat aktif pantau jentik nyamuk

"Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan masyarakat dan menghindari pohon tumbang," ujarnya.

Widhiyanasari menambahkan, yang menjadi fokus sasaran, adalah pepohonan yang sudah menjulang tinggi dan bersentuhan dengan gardu listrik yang ada di tepi jalan.

"Nanti kegiatan perawatan pohon perindang ini akan kami lakukan juga bertahap di beberapa lokasi lainnya di Kota Denpasar," ucapnya.

Jadi, lanjut dia, selain faktor keselamatan warga, estetika wajah Kota Denpasar juga menjadi tujuan dalam kegiatan perawatan pohon perindang tersebut.

Baca juga: Disdukcapil Denpasar edukasi OPD soal identitas kependudukan digital

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023