Kodim 1611/Badung bersama Kepolisian Resor Kota Denpasar menanam 2.000 bibit mangrove untuk mendukung usaha pelestarian dan penyelamatan lingkungan pesisir, khususnya di Tahura Ngurah Rai, Denpasar, Bali.
 
Komandan Kodim (Dandim) 1611/Badung Kolonel Infanteri Dody Triyo Hadi di Denpasar, Rabu, mengatakan penanaman bibit tersebut upaya mengimplementasikan secara berkesinambungan komitmen Indonesia dalam mewujudkan lingkungan hidup yang hijau dan ekosistem alam yang seimbang.
 
"Jadi kita tidak berhenti saat G20, tetapi lanjut terus dan lokasi yang kita tanam juga, bisa dibilang kita membuat dan mengembangkan area baru," katanya.

Dia mengatakan kesuksesan pemerintah Indonesia dalam menunjukkan tanaman mangrove pada pertemuan para kepala negara Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang digelar pada November lalu menjadi inspirasi untuk selalu melakukan pengembangan Taman Hutan Raya menjadi tempat yang bisa menjadi contoh bagi upaya penyelamatan lingkungan hidup.
 
"Kita membuat bedeng baru dengan harapan menambah luasan hutan mangrove ini dan lokasinya bisa ditinjau dari Tol Bali Mandara," kata dia.

Baca juga: UPTD Tahura Bali: Delegasi G20 bisa bawa pulang bibit mangrove
 
Penanaman ribuan bibit mangrove tersebut diikuti beberapa instansi lain, seperti Kepolisian Resor Kota Denpasar, Pertamina, Kejaksaan Negeri Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar juga merupakan bagian dari kegiatan memeriahkan perayaan Hari Juang Kartika TNI AD ke-77.

Dody menjelaskan ada banyak manfaat dari upaya penanaman mangrove di antara mencegah abrasi, menjaring sampah lautan dan mencegah ombak besar jika terjadi tsunami.
 
Selain itu, dari segi ekologis, Tahura Ngurah Rai dapat menjadi tempat tinggal bagi beragam biodata laut dan menekan polusi udara. Taman hutan raya mangrove juga dapat menjanjikan bagi pengembangan ekowisata bagi masyarakat Denpasar dan sekitarnya untuk melakukan kegiatan wisata.
 
Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Denpasar juga dapat menjadi suatu tempat bagi pengembangan usaha yang dapat menaikkan ekonomi masyarakat sekitar.

Dody juga mengimbau masyarakat agar merawat ekosistem mangrove di Tahura Ngurah Rai dengan cara menanam lebih banyak lagi tanaman mangrove dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Dukung G20 Bali, Jasa Marga libatkan petani lokal tanam mangrove di Tol Bali-Mandara

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022