Nusa Dua (Antara Bali) - Anggota Kongres Amerika Serikat Jim McDermott mengatakan bahwa Indonesia adalah model negara demokrasi yang baik mengingat Indonesia baru merasakan demokrasi sesungguhnya setelah Reformasi 1998.

"Indonesia merupakan contoh model negara demokrasi yang baik mengingat sebelum tahun 1998 Indonesia masih berada di bawah pemimpin militer," kata McDermott dalam jumpa pers di Nusa Dua, Jumat.

McDermott mengatakan, demokrasi bukan sekadar masalah pemilihan presiden yang bebas dan jujur, namun demokrasi yang sesungguhnya adalah perpindahan kekuasaan kepada rakyat.

"Pemilihan presiden secara bebas dan jujur merupakan awal saja, tapi apa yang terjadi dalam masa sebelum dan sesudah pemilihan itu adalah demokrasi yang sesungguhnya," tambah McDermott.

McDermott menambahkan, demokrasi sesungguhnya adalah seberapa besar kekuasaan yang diperbolehkan untuk dimiliki rakyat, dan Indonesia telah memulai hal itu dengan memberikan otonomi bagi tiap-tiap daerah.

"Otonomi daerah merupakan contoh yang sangat baik bagaimana kekuasaan benar-benar diberikan kepada rakyat, dan ini merupakan proses revolusioner yang tidak pernah berhenti," kata McDermott. (*/DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012