Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama mengatakan bahwa aksi demonstrasi yang dilakukan siswa SMP Negeri 5 Denpasar hanya miskomunikasi atau terjadi kesalahpahaman.

"Ada miskomunikasi saja itu, antara siswa dengan kepala sekolah. Itu kan anak-anak lomba dalam rangka Hari Raya Saraswati, tapi hingga sudah selesai belum ada yang menilai atau mendampingi karena gurunya tiba-tiba workshop SKP," katanya di Denpasar, Bali, Kamis.

Aksi demonstrasi yang dilakukan siswa kelas tujuh, delapan, dan sembilan SMPN 5 Denpasar itu terjadi di halaman sekolah, Wiratama mengatakan bahwa ini merupakan aksi perdana yang dilakukan siswa jenjang SMP yang pernah ia ketahui.

Kadisdikpora Denpasar itu mengaku bahwa saat ini pihaknya telah mengantongi sejumlah keterangan dan aspirasi dari siswa, guru dan kepala sekolah, untuk diolah kemudian diserahkan kepada Disdikpora Provinsi Bali.

"Belum bisa saya bilang maunya mereka apa karena saya harus lapor dulu. Ini pembelajaran untuk kita semua jadi tidak mudah loh jadi kepala sekolah, kita juga menjembatani kepentingan siswa, guru, pemerintah, tidak mudah juga. Jadi harus bisa secara elok dan bijaksana kalau mengambil kebijakan kan begitu," ujarnya.

Baca juga: Disdikpora Bali: Sekolah siap terapkan pembelajaran jarak jauh saat G20

Kepada siswa, Wiratama meminta agar ke depan tak langsung melakukan aksi serupa, dan menyarankan untuk terlebih dahulu menyampaikan kepada pihak Disdikpora Denpasar agar tak membuat kegaduhan di masyarakat.

Sementara itu, pihak guru menyampaikan bahwa selain kejadian lomba Hari Raya Saraswati, kekesalan siswa terhadap kepala sekolah juga dipicu hal lain, seperti kebijakan yang dinilai terlalu keras.

"Tadi ada lomba menjelang Hari Raya Saraswati dan mereka sudah bawa barang-barang dari rumah, bawa alat-alat dan mengeluarkan uang. Tapi kami guru-guru hari ini tidak bisa mengawasi dan menilai mereka karena masih bimtek, kami diarahkan semuanya ke sana," kata Wali Kelas IX SMPN 5 Denpasar Sagung Made Warsiki.

Sagung Made mengatakan bahwa para siswa menuntut untuk mengganti kepala sekolah bernama Putu Eka Juliana Jaya itu karena tak setuju dengan kebijakan yang dibuat.

"Sistem ibu (kepala sekolah) terlalu diktator. Kami sebagai guru kan kapasitas melayani siswa bukan sebagai pembantu di sekolah. Tapi, kami selama ini mengambil sesuatu yang bukan tupoksi kami, kami mengepel setiap hari," ujarnya.

Baca juga: BI Bali dan Disdikpora kerjasama tingkatkan kompetensi guru SMA/SMK

Terkait dengan kebijakan yang bersinggungan langsung dengan siswa, Sagung mencontohkan kejadian saat ratusan siswa dijejerkan di depan sekolah karena dilarang masuk.

"Senin kemarin siswa terlambat untuk upacara dan ratusan siswa dijejerkan di depan karena pintu sudah ditutup. Kalau dulu sebelum ibu kepala ini, jam 7.30 WITA aturannya tapi sekarang 06.30 WITA sudah mulai," kata dia menceritakan.

Siswa Kelas IX SMPN 5 Denpasar Anindya Vera juga turut mengungkapkan alasannya mengikuti aksi demonstrasi yang ditujukan kepada kepala sekolah yang baru menjabat selama tiga minggu itu.

"Saya pribadi tidak sukanya karena saya ini ekstrakulikuler Pramuka. Kami tidak didukung untuk ikut lomba-lomba, kalau dari kepemimpinan kepala sekolah dulu kami selaku didukung. Harapannya sama seperti tujuan demo kami, untuk menurunkan atau memindahkan dia supaya kami tidak dipimpin lagi oleh dia," ujarnya kepada media.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022