Jakarta (Antara Bali) - Mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni meminta pemerintah menindak tegas biro perjalanan haji atau travel bermasalah yang menyebabkan kerugian pada masyarakat dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Tanpa diambil tindakan tegas hal itu tidak mungkin dapat diselesaikan. Saya mengajurkan agar pemerintah menindak tegas," kata Mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni usai menjalankan shalat Idul Adha di Masjid Agung At Tin di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, tindakan tegas yang bisa diambil pemerintah bisa bermacam-macam, tergantung kondisi di lapangan. Namun dia berpendapat agar izin travel tersebut dicabut sebagai bentuk ketegasan pemerintah. "Tindakan tegas yang diambil tergantung kondisinya, kalau saya coret izinnya," ujarnya.

Maftuh mengatakan, permasalahan travel itu adalah berhadapan dengan manusia dan hal itu tidak bisa hanya diberikan peringatan. "Jika pemerintah tidak berani ambil tindakan tegas, maka tiap saat akan terjadi kasus seperti itu bahkan akan lebih banyak lagi," ujarnya.

Ketika dirinya menjabat menteri Agama, katanya, sempat memberikan tindakan tegas kepada travel haji yang bermasalah. Langkah tegas itu, bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang ingin naik haji.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012