Prodi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang melibatkan mahasiswa di Desa Wisata Pinge di Desa Baru, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali  pada 16-17 September 2022.

KPS Prodi MAH Poltekpar, Dewa Ayu Rai Sumariati,SE., M Si, di Tabanan, Jumat (16/9), menjelaskan PKM yang melibatkan mahasiswa semester ganjil 2022/2023 itu mengambil tema Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Homestay Berbasis Excel di Desa Wisata Pinge di Desa Baru.

Saat membuka kegiatan ini (16/9), Dewa Ayu Rai Sumariati menyatakan pelatihan itu melanjutkan kegiatan sosialisasi dan penyusunan Sistem Informasi Akuntansi /Laporan Keuangan sederhana yang dicatat dalam media Microsoft Excel secara manual ke digital.

"Dengan memberikan pelatihan kepada pemilik dan pengelola homestay agar mampu menerapkan penyusunan Sistem Informasi Akuntansi/laporan keuangan berbasis Excel, maka nanti diharapkan mampu membuat laporan keuangan sederhana untuk menunjang keberhasilan pengelolaan Homestay," katanya.

Baca juga: Poltekpar Bali lanjutkan pendampingan SDM Desa Wisata Taro Gianyar

Ia mengharapkan pemilik dan pengelola homestay akan mudah dan cepat dalam melakukan pencatatan setiap transaksi keuangan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan dalam menunjang keberhasilan pengelolaan homestay, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Materi pelatihan yang diajarkan antara lain pengelolaan Desa Wisata Pinge, penetapan harga jual kamar dan biaya operasional homestay, pengenalan Excel dan pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis Excel, dan pelatihan penyusunan laporan keuangan dengan aplikasi Excel.

Sementara itu, Sekretaris Desa Baru, I Made Suande, mewakili Kepala Desa Baru, menyampaikan pihaknya sangat berharap melalui kegiatan PKM ini, para peserta nantinya dapat menyusun laporan keuangan berbasis Excel.

"Dalam perkembangan zaman ini, peran SDM yang unggul dalam pengelolaan Homestay di desa, harus ditingkatkan, agar tidak ketinggalan dengan daerah-daerah lainnya, karena itu kegiatan pelatihan dengan memanfaatkan sarana laptop, perlu disimak dengan baik dan diterapkan dikemudian hari," katanya (16/9).

https://img.antaranews.com/file/2022/09/25/20220925edisi-khusus-i.pdf

Pembukaan PKM ini ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penandatanganan MOA antara pihak pengelola dan Poltekpar Bali.

Desa Wisata Pinge adalah sebuah desa wisata yang terletak di Desa Baru Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan sesuai SK Bupati Tabanan Nomor : 337 Tahun 2004  dengan berbagai fasilitas penunjang kegiatan wisata.

Fasilitas penunjang itu seperti Homestay, yang mengusung konsep Live in dengan jumlah homestay 51 Rumah dengan jumlah kamar 139, serta kegiatan wisata berbasis experience, seperti trekking, cooking class (masakan tradisional khas Bali).

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022