Depok (Antara Bali) - Restoran Tik Tok Van Depok di Jalan Margonda Raya mulai menerapkan menu tanpa nasi atau menu One Day No Rice (ODNR).

"Kami mengganti nasi dari beras dengan nasi yang terbuat dari jagung dan juga olahan beras analog yang terbuat dari campuran sagu dan jagung," kata Pemilik dan pencetus menu One Day No Rice Restoran Bebek Tik Tok Van Depok pasangan suami istri, Santoso dan Sumiati, di Depok.

Pemerintah Kota Depok menerapkan ODNR setiap Selasa sejak Februari 2012 dan juga diikuti dengan kebijakan One Day No Car (ODNC) di hari yang sama.

Menu yang tersedia yakni Bebek Begana, Nasi Jagung, Bebek Bengis, Bebek Asam Manis, Nasi Jagung Bakar Isi Abon, Risoles Isi Beras One Day No Rice atau beras Analog. "Menu sudah dihidangkan sejak tiga minggu belakangan ini," katanya.

Penerapan ODNR katanya untuk menghidupkan produk lokal tanpa harus menggunakan beras.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail melakukan perjalanan keliling Margonda mencoba mencicipi menu ODNR buatan Tik Tok Van Depok yang lauknya didominasi dengan daging bebek baik goreng maupun bakar.

"Ini bukti ODNR mulai digemari warga Depok dan kini disajikan restoran. Selain itu juga pusat kebugaran, katering, selain sebagai alasan kesehatan, diperlukan adanya variasi pangan lokal non padi," katanya.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012