Program Antar Jemput Pasien (AJP) gagasan Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, telah mencapai 14 ribu pelayanan atau tepatnya melayani 14.233 pasien selama setahun berjalan.

"Cukup puas dengan kinerja pelayanan Program Antar Jemput Pasien dan Jenazah yang kini genap berusia satu tahun dan telah melayani sebanyak 14.233 layanan AJP dan 533 layanan Jenazah sampai saat ini," kata Bupati Karangasem Gede Dana di Karangasem, Rabu.

Program AJP sekaligus layanan pengantaran jenazah itu telah terlaksana sejak 22 Juni 2021 hingga saat ini dengan membagi petugas yang tersebar di delapan rayon atau masing-masing Kecamatan se-Karangasem.

Program Pelayanan Antar Jemput Pasien dan Jenazah ini diresmikan Bupati Gede Dana untuk rayon Abang, rayon Karangasem, rayon Kubu, rayon Manggis, rayon Selat dan rayon Rendang. Kemudian pada awal 2022 berkembang ke rayon Sidemen dan Bebandem.

"Pelayanan Antar Jemput Pasien dan jenazah dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat Karangasem mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan," ujar Gede Dana.

Baca juga: Bupati Karangasem: Pameran pembangunan momentum untuk bangkitkan ekonomi

Kebanyakan dari warganya kesulitan transportasi yang diakibatkan oleh faktor geografis, biaya, dan tidak adanya keluarga yang mengantar atau menjemput, sehingga saat ini fasilitas AJP dapat dinikmati tanpa terkecuali.

"Untuk dapat menggunakan layanan ini masyarakat dapat menghubungi Operator PSC 119 melalui narahubung kepala dusun, kepala lingkungan, kelian banjar adat di lingkungan masing-masing. Untuk Layanan Jenazah dengan menghubungi call center RSUD Kabupaten Karangasem," ujar Bupati di Taman Soekasada, Ujung.

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku optimis ke depan AJP akan menjadi program favorit, apabila komitmen para petugas tetap sejalan dengan pemerintah. Kendati demikian, tak dapat dipungkiri masih ada kekurangan dalam pemberian layanan.

"Untuk kekurangan dalam pemberian layanan, salah satunya layanan pengantar jenazah ke krematorium (pemakaman), akan dilakukan revisi peraturan bupati agar permintaan masyarakat ini segera terpenuhi," kata Gede Dana.

Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa yang turut hadir di lokasi turut menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja para petugas Antar Jemput Pasien dengan bekerja secara tulus.

Pun juga Artha Dipa mengucapkan terima kasihnya kepada Kepala Puskesmas serta Camat se-Karangasem karena telah melakukan pengontrolan kepada petugas AJP di lapangan.

Baca juga: Pemkab Karangasem teken berita acara kelanjutan proyek Telaga Waja

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022