Tim Audit Kinerja Tahap II Inspektorat Pengawasan Umum Kepolisian Negara Republik Indonesia ( Itwasum Polri) mengaudit kinerja Polisi Daerah (Polda) Bali di Denpasar, Bali, Senin.

Adapun beberapa sasaran audit terkait dengan pengadaan barang, jasa, serta penggunaan anggaran keuangan, baik yang masuk daftar isian pelaksanaan anggaran (dipa) maupun non-dipa.

"Kami mohon kerja samanya. Kami minta (auditi) menjawab setiap pertanyaan tim dengan jujur, apa adanya. Jangan ada yang ditutup-tutupi agar audit bisa berjalan baik dan lancar," kata Ketua Tim Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri T.A 2022 Brigjen Polisi Drs. Suradiyana Irwil I sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto di Denpasar, Bali, Senin.

Ketua Tim Audit Kinerja Tahap II Brigjen Pol. Drs. Suradiyana Irwil I mengatakan apabila ada hal-hal yang kurang dipahami dalam proses audit, langsung ditanyakan kepada masing-masing Tim Auditor.

Dia berharap Tim Auditor menjadi konsultan yang baik selama melaksanakan tugas di Polda Bali.

"Apabila ada (masalah) administrasi atau hal-hal lainnya yang kurang dipahami oleh masing-masing objek agar dibimbing dan diarahkan supaya ke depan penggunaan anggaran Polda Bali menjadi lebih baik dan tidak melenceng dari aturan," kata Brigjen Pol Drs. Suradiyana Irwil I.

Tim Auditor Kinerja Tahap II Itwasum Polri T.A. 2022 diterima oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra di Mako Polda Bali, Senin.

Pada kesempatan tersebut Kapolda didampingi Waka Polda Brigjen Pol Ketut Suardana dan Irwasda Polda Bali Kombes Pol. Awang Joko Rumitro di Ruang Tamu Waka Polda Bali.

Selanjutnya Waka Polda didampingi Irwasda Polda Bali bersama Tim Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri tahun anggaran 2022 memasuki gedung ruang pertemuan utama Polda Bali untuk melaksanakan "Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II T.A 2022, Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polda Bali dan Jajaran” yang dilaksanakan tanggal 18 sampai 27 Juli 2022.

Dalam sambutannya, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra yang disampaikan Waka Polda Brigjen Pol Ketut Suardana mengucapkan selamat datang kepada Tim Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri tahun anggaran 2022 yang dipimpin Brigjen Pol Drs. Suradiyana Irwil I.

Kegiatan audit tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda Bali didampingi masing-masing Kasubbagrenmin di Ruang pertemuan utama Polda, sementara Kapolres dan Kapolresta serta jajarannya mengikuti melalui zoom dari wilayah masing-masing.

Waka Polda Bali Brigjen Pol Ketut Suardana meminta selama Audit Itwasum Polri, jajarannya menyiapkan semua administrasi bahan-bahan yang akan menjadi objek pemeriksaan yang dibutuhkan oleh Tim Audit secara transparan.

"Jangan ada yang ditutup-tutupi mengenai penggunaan anggaran masing-masing satuan kerja dan apabila ada yang kurang dipahami agar meminta arahan dan petunjuk langsung kepada Tim Audit supaya tidak melenceng dari aturan," kata Waka Polda Bali.

Ketut Suardana juga meminta Tim Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri berkenan membimbing anggota Polda Bali jika mengalami kebingungan selama proses audit berlangsung.

"Apabila ada hal-hal yang kurang dipahami oleh pejabat Satker yang diaudit, mohon kiranya Tim Audit dapat mengarahkan agar kedepannya Polda Bali tidak melenceng dari aturan yang sudah ada," kata Waka Polda Bali.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022