Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Bali, Sagung Antari Jaya Negara menerima secara simbolis bantuan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) berupa pembangunan rumah bibit dari PT Pelindo Regional (Persero) Sub Regional 3 Bali Nusa Tenggara.

"Program bantuan TSJL kali ini untuk pembangunan rumah bibit Kelompok Tani Astagina Guna Karya, Desa Padangsambian Kelod, Denpasar yang akan difungsikan sebagai sarana pembibitan tanaman," kata Antari Jaya Negara di Denpasar, Senin.

Selain itu, ujar dia, dengan pendirian rumah bibit tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada pihak Pelindo Sub Regional 3 atas program bantuan TJSL tersebut.

Baca juga: PKK Denpasar sosialisasikan pola asuh anak di era digital

"Sebagai wujud nyata program PKK, kami imbau semua keluarga agar menanam tanaman pangan seperti cabai, terong, tomat, dan sebagainya di pekarangan rumah," ucapnya.

Menurut dia, langkah tersebut bisa dijadikan sebagai bentuk ketahanan pangan jika sewaktu waktu harga bahan melonjak.

Sementara itu, CEO Pelindo Sub Regional 3 Ali Sadikin mengatakan saat ini yang menjadi prioritas program TJSL adalah di bidang sarana pendidikan, lingkungan, dan UMKM.

"Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan TSJL ini, di tengah masyarakat Bali khususnya masyarakat Kota Denpasar," ujarnya.

Baca juga: Ketua PKK Bali ajak kader serius cegah "stunting"

Kabid Pemberdayaan dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial PPPA Provinsi Bali Ida Ayu Ketut Anggraeni, mewakili Pemerintah Provinsi Bali, juga turut mengapresiasi penyaluran program TJSL ini.

"Kami mengharapkan ke depannya program TJSL ini bisa merata dan menyentuh masyarakat Bali lainnya. Terutama pengadaan sarana air bersih bagi masyarakat di daerah pegunungan. Kami harapkan agar program TJSL dapat berkelanjutan," kata Anggraeni.

Penyerahan bantuan TJSL ini juga menyasar beberapa fokus program untuk beberapa wilayah di Bali, di antaranya bantuan bagi program pengelolaan sampah, penyediaan air bersih, dan program sarana pendidikan dan sertifikasi keahlian.

Selain itu program penghijauan, pelatihan UMKM dan juga bantuan bagi sarana ibadah serta sarana prasarana umum.

Baca juga: Tim PKK Denpasar bantu makanan tambahan bagi penyandang disabilitas

Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati dan Sekretaris Dinas PMD Kota Denpasar Tresna Yasa, Camat Denpasar Selatan I Made Sumarsana, dan General Manager Pelabuhan Benoa Anak Agung Gede Mataram.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PKK Denpasar terima bantuan pembangunan rumah bibit dari Pelindo

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022