Wakil Bupati Bangli, I wayan Diar menyerahkan langsung hadiah lomba ogoh-ogoh mini tingkat pelajar dan umum, karena dinilai penting dalam mengedukasi dan menanamkan nilai-nilai budaya kepada generasi muda di Alun-alun Bangli.

"Melalui lomba ini diharapkan kreativitas pemuda di bidang karya ogoh-ogoh dapat tertampung dan dinikmati oleh pecinta ogoh-ogoh, terlebih hasil karya dari insan muda Bangli dan juga seluruh Bali ini sangat menginspirasi serta telah menggunakan unsur-unsur teknologi kekinian," kata Wabup Bangli saat menghadiri dan menyerahkan hadiah lomba Ogoh-Ogoh, demikian siaran pers Diskominfo Bangli, Selasa.

Karya ogoh-ogoh saat ini sudah berkembang pesat, sehingga tak hanya menampilkan wujud ogoh-ogoh mini, namun juga menampilkan sketsa hingga alur cerita dalam konsep ogoh-ogoh tambah Wayan Diar.

Baca juga: Gubernur Koster serahkan hadiah lomba ogoh-ogoh total Rp1,7 miliar

Ia menambahkan lomba  ini sangat baik dilaksanakan untuk mendongkrak kreativitas dan seni pemuda Bangli, ke depannya dapat bersaing dengan kabupaten lain di Bali.  "Kreativitas dan seni juga sangat menentukan did alam kehidupan kita, apalagi kita sebagai pemuda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa, dapat mempertahankan seni budaya kita, itu sangat luar biasa," katanya.

Pelaksanaan lomba ogoh-ogoh mini Se-Bali dalam rangka peringatan HUT Bangli ke 818 ini di kuti sebanyak 50 peserta yang dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori umum dan pelajar kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 20 - 22 Mei2022.

Lomba ogoh-ogoh mini dinilai oleh tiga juri dimana salah satunya merupakan maestro ogoh-ogoh Bali berasal dari Tampak Siring yakni Gusman Surya dan dua uri lainnya asli putra Bangli

Dalam acara  itu hadir pula Kadis BKPAD Kab Bangli, sekaligus ketua panitia HUT Bangli ke 818, kepala dinas Parbud Kab Bangli, sekretaris dinas pendidikan Bangli.


 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022