Nusa Dua (Antara Bali) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu melepas sedikitnya 116 peserta bersepeda keliling Bali atau 'Bali Bike' yang diselenggarakan harian Kompas di Nusa Dua, Jumat.
     
"Saya rasa 'biking dan 'bike tourism' merupakan pariwisata yang sangat sehat dan mengangkat potensi wisata di daerah yang dilintasi peserta," katanya saat melepas para peserta.
     
Menurut dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mendukung upaya tersebut sebagai sebuah pariwisata olahraga atau 'sport tourism' yang menguntungkan berbagai pihak di antaranya hotel dan daerah.
     
Selain memperkenalkan potensi wisata di daerah yang dilintasi, pemerintah daerah juga akan terpacu untuk memperbaiki infrastruktur jalan.
     
Sementara itu Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan bahwa 'Bali Bike' merupakan awal perjalanan bersepeda jarak jauh yang menempuh jarak 292 kilometer mengelilingi beberapa kawasan di Pulau Dewata selama tiga hari hingga Minggu (16/9).
     
Setelah menempuh tiga hari bersepeda keliling Bali, nantinya akan dipilih lima orang peserta yang akan melanjutkan sepeda jarak jauh dari Bali menuju Pulau Komodo yang akan digelar pada Selasa (18/9) bersama dengan komunitas bersepeda seluruh Indonesia.
     
"Bersepeda ini bukan ajang balapan, tetapi membangun kebersamaan dan rasa toleransi para peserta," ujar Budiman.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012