Sejumlah delegasi forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings berkunjung sekaligus membeli langsung aneka kerajinan di Pameran IKM Bali Bangkit di Taman Budaya, Denpasar, Selasa.

"Saya menyukai pertemuan IPU di Bali dan saya meminati sekaligus bangga dengan produk kerajinan lokal Bali," kata President IPU Standing Committee on UN Affairs Chairperson-Environment & Natural Resources Committee, Hon Sophia Abdi Noor dalam kunjungan tersebut.

Kehadiran peserta IPU Assembly & Related Meetings ini disambut langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Putri Suastini Koster dan Kepala Disperindag Bali I Wayan Jarta.

Baca juga: Ketua DPR RI: Sidang IPU di Bali beri posisi stategis pada Indonesia

Delegasi forum parlemen dunia yang berkunjung ke Pameran IKM Bali Bangkit diantaranya berasal dari negara Afghanistan, Armenia, Bahrain, Botswana, Egypt, Guyana, Kenya, dan Kuwait.

Kemudian ada juga yang dari Malawi, Malta, Mauritius, Morocco, Namibia (National Assembly), Nepal, Saudi Arabia, Sierra Leone, South Africa, Sri Lanka, Timor Leste, United Republic of Tanzania, Zambia, Zimbabwe, dan Bostwana.

Hon Sophia Abdi Noor menyampaikan kebanggaannya terhadap produk kerajinan lokal Bali di Pameran IKM Bali Bangkit yang memiliki nilai seni.

"Saya akan mengatur jadwal lagi untuk berkunjung ke Bali, karena saya ingin lebih dalam lagi untuk mengenal Bali," ujarnya saat berbincang dengan Gubernur Bali.

Baca juga: Indonesia kembali suarakan isu Palestina pada Sidang IPU (video)

Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan terima kasih atas kehadiran delegasi IPU & Related Meetings yang telah berkunjung ke Pameran IKM Bali Bangkit.

"Saya mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan terima kasih atas kunjungan delegasi IPU Assembly. Mudah-mudahan produk kerajinan lokal Bali ini makin disukai masyarakat dunia dan memberikan penghidupan kepada masyarakat dan perajin di Bali," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster menyampaikan Pameran IKM Bali Bangkit ini dilaksanakan untuk mengangkat kembali karya-karya kerajinan tradisional lokal Bali.

Selain itu, tujuannya untuk mengajak para perajin atau pelaku IKM berinovasi mengembangkan produk kerajinannya, sekaligus memiliki tugas untuk melestarikan warisan leluhur Bali yang adiluhung ini.

"Pameran ini juga dilaksanakan untuk mengajak masyarakat mencintai produk dalam negeri dengan menanamkan rasa bangganya untuk memakai produk daerah sendiri," ujar Putri Koster.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022