Denpasar (Antara Bali) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali berencana menyempurnakan standar sistem keamanan sarana akomodasi pariwisata yang ada di wilayah tersebut.

"Sesuai dengan instruksi Kapolda, kami akan menyempurnakan standar keamanan hotel yang dibuat pada 2002 untuk disesuaikan dengan perkembangan sekarang.  Hal itu guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti teror bom," kata Sekretaris PHRI Bali Perry Markus, di Denpasar, Kamis.

Selain memperbaharui sistem keamanan hotel, PHRI juga akan membentuk sistem pengamanan berjejaring, sehingga dengan mudah pihak kepolisian mengaksesnya. Upaya ini untuk mempermudah pengamanan yang dilakukan kepolisian.

"Bentuk dari sistem itu masih sedang dibahas bersama, bisa jadi dipasang kamera CCTV atau pengawas di seluruh hotel yang langsung terhubung ke ruang call center Polda Bali," ujarnya.

Pembaharuan standar sistem keamanan itu terkait dengan adanya Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  yang baru tentang sistem manajemen keamanan hotel.

Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya mengimbau kepada masyarakat dan pelaku industri pariwisata meningkatkan kewaspadaan serta bekerja sama dalam mengamankan Pulau Dewata dari berbagai ancaman.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012