Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menyapa dan berbagi kasih kepada para warga lanjut usia (lansia) anggota Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (Pepabri) Provinsi Bali untuk menyambut Hari Suci Nyepi yang jatuh pada 3 Maret 2022.

"Berkat penglingsir (tetua-red), kita ada, mereka telah merasakan asam garam kehidupan sebelum kita. Jadi, sudah sepantasnya kita untuk selalu menghormati dan memuliakan beliau," kata Putri Koster di Denpasar, Minggu.

Istri Gubernur Bali itu berbagi kasih dengan menyerahkan sebanyak 25 paket bahan pokok bertempat di Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar. Setiap paket berisikan 25 kilogram beras, minyak goreng dan gula pasir.

Dalam sambutan singkatnya, Putri Koster menyampaikan pengabdian sebagai anak-anak kepada para orang tua akan menjadi penuntun dalam kehidupan sehari-hari dan sesuai dengan ajaran agama.

Baca juga: Ketua PKK Bali minta program sesuai kebutuhan masyarakat

Untuk itu, lanjut dia, sebagai bentuk bakti dan perhatian Pemprov Bali kepada para lansia di Bali, juga telah diterbitkan Perda Nomor 11 Tahun 2018 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

"Perda tersebut sudah mengatur banyak hal, tentang hak para lansia yang harus diurus keluarga, masyarakat dan pemerintah," ujarnya.

Selain itu, dalam perda sudah diatur pula tentang perlindungan sosial dan kesehatan untuk para lansia.

"Saya tentu berharap semoga bingkisan-bingkisan ini bisa berguna bagi para 'penglingsir' kita. Dan saya harap juga para penglingsir kita tetap mendapatkan ruang berkreasi dan bersosialisasi agar bisa terus terjaga kesehatannya," ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Pepabri Bali Provinsi Bali Kombes Pol (Purn) Drs I Wayan Nuada mengucapkan terima kasih kepada Putri Koster atas atensi dan perhatiannya kepada para lansia.

Ke depan, dirinya sangat berharap Pemerintah Provinsi Bali tetap memberikan wadah bagi para lansia untuk berkreasi.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022