Lembaga sosial-keagamaan "Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra" Provinsi Bali-Pusat mengadakan Mahasabha V untuk menyusun sejumlah program kerja ke depan, memilih pengurus yang baru dan sekaligus melakukan evaluasi terhadap program yang telah berjalan.

"Semoga melalui Mahasabha V ini mendapatkan hasil sesuai yang kita harapkan bersama," kata Ketua Umum Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra Provinsi Bali-Pusat Dr I Gusti Lanang Made Rudiartha saat menyampaikan sambutan dalam mahasabha tersebut di Denpasar, Minggu.

Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra Provinsi Bali-Pusat yang merupakan salah satu perhimpunan pasemetonan (kekeluargaan) yang bergerak di bidang sosial keagamaan ini, sudah terbentuk sejak tahun 2000.

Mahasabha digelar setiap empat tahun sekali yang diikuti oleh empat keluarga besar yang tergabung dalam Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra yakni Paiketan Arya Wang Bang Pinatih, Pasemetonan Arya Wang Bang Sidemen, Mahakertawarga Arya Wang Bang Wayabya, dan Pasemetonan Sira Bang Agra Manikan.

"Kami berharap pembahasan program kerja dan pemilihan pengurus dapat berjalan lancar," ucap Lanang Rudiartha.

Baca juga: Di Bali, Menag buka Mahasabha X "Pasemetonan MGPSSR"

Sementara itu, Ketua Harian Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra Provinsi Bali-Pusat Ir I Wayan Subagiarta mengatakan hasil pendataan sementara, krama (masyarakat) pada 757 "dadia" di seluruh Bali yang masuk dalam Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra.

Program kerja yang sudah berjalan diantaranya terkait  prosedur bagi warga pasemetonan yang akan menjadi sulinggih dan disepakati menggunakan gelar Ida Rsi Agung. Tercatat hingga saat ini sudah ada 15 sulinggih.

Kemudian terkait program kerja mengenai sosialisasi "linggih" Ida Bhatara hingga kunjungan ke pura-pura saat pujawali juga sudah dilaksanakan, termasuk merenovasi sejumlah pelinggih di Pura Batumadeg Besakih.

"Demikian pula dengan pembuatan buku-buku mengenai sejarah leluhur dan organisasi juga telah dilakukan agar generasi muda kita mengetahui dengan jelas. Termasuk juga berhasil dibentuk koperasi," ucap Subagiarta.

Dalam program sosial, telah dapat disalurkan program bedah rumah bagi salah satu pasemetonan di Kabupaten Jembrana.

"Kami pun mengajak generasi muda agar bisa lebih berperan dan terlibat dalam menjalankan roda organisasi ini," kata Subagiarta.

Baca juga: Dirjen Bimas Hindu: Layanan yang baik dari pinandita lahirkan umat berkualitas

Ketua Pelaksana Mahasabha V Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra, I Gusti Bagus Agung Suddhajinendra Hadi Sugriwa, SST, Par mengatakan mahasabha kali ini mengangkat tema "Ayu Werdhi, Nincapang Sradha Bhakti ring Hyang, Nyujur Kasukerthan Jagat".

"Melalui tema yang diangkat dalam mahasabha ini maknanya kita dengan rasa suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan berharap dan memohon kepada-Nya agar bisa panjang umur dan organisasi yang kita cintai ini dapat meningkatkan keimanan umat, guna terwujudnya kesejahteraan dunia," ucapnya.

Meskipun penyelenggaraan acara dilaksanakan secara terbatas dan sederhana serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat, namun diharapkan hasilnya dapat bermanfaat untuk menjamin keberlangsungan organisasi.

"Sebelum pelaksanaan mahasabha juga telah dilakukan matur piuning ke sthana linggih Ida Bhatara-Bhatari agar semua memberikan anugerah berupa kesuksesan pelaksanaan mahasabha serta menjamin keberlangsungan organisasi ini," ujar Gusti Bagus Agung.

Selain itu juga telah memohon tirta (air suci) kepada sejumlah pura dan pamerajan kawitan dengan harapan Ida Bhatara senantiasa dapat memberikan tuntunan.

Dalam Mahasabha V ini juga telah diputuskan susunan pengurus Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra Provinsi Bali-Pusat untuk masa bakti 2022-2027 yakni Dr I Gusti Lanang M Rudiartha MHA (Ketua Umum), Ir I Wayan Subagiarta (Ketua Harian), I Gusti Bagus Agung Suddhajinendra Hadi Sugriwa, SST Par (Sekretaris Umum) dan I Made Sutama, SH, MH (Bendahara Umum) serta Prof Dr Drs I Gusti Ngurah Sudiana MSi selaku Ketua Sabha Welaka.
 
Ketua Umum Mahakertawarga Danghyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra Provinsi Bali-Pusat Dr I Gusti Lanang Made Rudiartha beserta jajaran pengurus lainnya dalam Pembukaan Mahasabha V di Denpasar, Minggu (6/2/2022). ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022