Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Badung, Bali, bertekad mempertahankan gelar juara umum pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2022.

"Hal ini menjadi sebuah tanggung jawab KONI Badung bersama cabang olahraga untuk bekerja keras sehingga mampu meraih juara umum Porprov Bali untuk kesembilan kalinya," ujar Ketua KONI Badung Made Nariana dalam keterangannya di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta telah memberikan misi khusus kepada KONI Badung, yaitu mempertahankan prestasi sebagai juara umum Porprov Bali 2022, yang rencananya akan diselenggarakan pada September mendatang.

"Untuk itu, kami siap menyukseskan Porprov Bali 2022 dan kembali membawa Kabupaten Badung menjadi juara umum," kata Made Nariana.

Baca juga: KONI Bali siap gelar Porprov 2022

Bersama jajaran kepengurusan KONI Badung masa bakti 2021-2025 yang baru dikukuhkan, ia juga berkomitmen untuk fokus melaksanakan digitalisasi manajemen di kepengurusan KONI.

"Pengurus baru saat ini lebih efektif dan lebih ramping dibandingkan pengurus lama yang kami harapkan dapat tetap kompak dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya," ungkap Made Nariana.

Selain itu, KONI Badung juga berupaya untuk mendukung sektor sport tourism atau pariwisata berbasis olahraga dengan mendorong penyelenggaraan kejuaraan-kejuaraan olahraga di wilayah Badung.

Salah satu kegiatan sport tourism yang rencananya akan diselenggarakan di Badung adalah Kejurnas Muaythai di Kuta, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Juni 2022.

"Paling tidak, akan ada 300 atlet yang datang ke Bali. Mudah-mudahan kegiatan itu menjadi tonggak sport tourism di Bali dan di Badung khususnya," tutur Made Nariana.

Baca juga: Badung serahkan bonus kontingen "juara umum" Porprov

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mengungkapkan persiapan kontingen Badung harus dilakukan secara matang menjelang Porprov Bali XIV tahun 2022.

Secara khusus, ia telah meminta jajaran pengurus KONI agar dapat mempertahankan tradisi juara umum pada ajang dua tahunan itu.

"Kami harapkan seluruh pengurus KONI bersama-sama pengurus cabang olahraga untuk terus melakukan langkah-langkah peningkatan, pembinaan atlet dengan lebih terarah, terukur dan terkoordinasi sehingga kontingen dapat tampil maksimal pada Porprov Bali 2022 dengan hasil terbaik," terang Adi Arnawa.

Ia juga mengapresiasi atlet-atlet badung yang dominan memberikan prestasi bagi kontingen Provinsi Bali yang berlaga pada PON Papua 2021 lalu.

"Pada ajang itu, para atlet Badung memberikan medali terbanyak sehingga mampu mendongkrak posisi Bali naik ke lima besar," pungkas Adi Arnawa. 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022