Denpasar (Antara Bali)  - Sejumlah perusahaan perbankan di Bali meningkatkan ketersediaan dana tunai menjadi dua kali lipat selama libur Idul Fitri 1433 H, guna mengantisipasi peningkatan penarikan uang melalui mesin anjungan  tunai mandiri (ATM).

Head of Business Performance and Channel Management PT Bank Negara Indonesia Kantor Wilayah Denpasar, Made Nariswari, Selasa  mengaku, selama libur lebaran terjadi peningkatan transaksi sehingga pihaknya harus meningkatkan persediaan uang tunai di mesin itu sebanyak 100 persen dari hari biasa.

"Akibat meningkatnya transaksi, untuk di lokasi tertentu pengisian uang tunai di mesin ATM bisa dua kali sehari," katanya.

Jumlah dana tunai yang disiapkan dalam sekali pengisian satu ATM mencapai Rp800 juta, untuk pecahan uang Rp100 ribu. Sedangkan untuk pecahan Rp50 ribu dana yang disiapkan sekali pengisian untuk satu ATM mencapai Rp400 juta.

Selama musim libur panjang ini, tercatat transaksi di ATM mencapai 200 hingga 250 kali dalam sehari. Jumlah itu memang meningkat tajam dibandingkan hari kerja biasa.

Guna mengisi ketersediaan uang tunai di 200 ATM BNI di Pulau Dewata, dikerahkan sejumlah petugas selama 24 jam untuk mengawasinya.(IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012