Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mendorong penguatan sinergi jajaran PKK dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga dasa wisma dalam melaksanakan program kerja yang sudah dicanangkan.

"PKK yang menggerakkan dan masyarakat yang bergerak, kita perkuat sinergi yang ada. Kita sama-sama bergerak dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif," kata dia dalam dialog PKK di Denpasar, Senin.

Pendamping orang nomor satu di Bali ini, mengajak seluruh TP PKK terus bergerak melaksanakan program yang dicanangkan sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Dia menambahkan pergerakan dari PKK adalah gerakan yang muncul dari kondisi yang ada di tengah masyarakat dan TP PKK mengajak masyarakat untuk bergerak, membimbing, membina dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif.

Baca juga: Pemkab Tabanan perkuat sinergi dengan TP PKK Bali

"Selanjutnya, kita wujudkan keluarga yang berdaya, keluarga yang mampu memenuhi kebutuhannya, baik itu sandang, pangan, papan dan kesehatan sehingga akan tercipta generasi yang sehat, berakhlak mulia di tengah masyarakat," ucapnya.

Pada 2022, TP PKK Provinsi Bali memfokuskan kegiatan pada dua hal, yaitu sosialisasi dan aksi sosial.

"Kegiatan sosialisasi terkait program PKK maupun visi misi dari pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota, dilakukan melalui media baik itu media cetak maupun elektronik," ujarnya.

Untuk aksi sosial, TP PKK Provinsi Bali bersinergi dengan TP PKK kabupaten/kota se-Bali melakukan kegiatan Pasar Rakyat di seluruh kabupaten/kota secara bergiliran.

Pasar Rakyat mengusung tema "Terima Kasih".

"Konsepnya kita membeli hasil pertanian/kerajinan, hasilnya kita terima lalu kita kasih atau berikan kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

Pasar Rakyat untuk pertama kalinya telah dilaksanakan di Kabupaten Jembrana mendapat respons positif dari masyarakat.

Baca juga: Ketua PKK Bali minta program sesuai kebutuhan masyarakat

Pelaksanaan Pasar rakyat juga mendapat respons positif dari Kabupaten Badung seperti yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Badung Seniasih Giri Prasta.

Menurut dia, masyarakat Badung menyambut baik dan menunggu-nunggu Pasar Rakyat.

"Terlebih di daerah Badung bagian utara merupakan daerah pertanian, sehingga kegiatan Pasar Rakyat ini dinilai sangat positif khususnya bagi para petani," ucapnya.

Kabupaten Badung juga akan menggelar kegiatan sejenis Pasar Rakyat, seperti Pasar Gotong Royong atau Penggak secara intern di daerah itu sambil menunggu jadwal Pasar Rakyat untuk Kabupaten Badung pada akhir 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya mengapresiasi kegiatan yang telah dicanangkan TP PKK Provinsi Bali.

"TP PKK Tabanan siap untuk meningkatkan sinergi untuk menyukseskan kegiatan PKK yang salah satunya adalah Pasar Rakyat," ucapnya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022