Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya memperkuat sinergi dengan tim penggerak PKK Provinsi Bali melalui dialog lintas Denpasar di RRI Denpasar, Senin.

Dialog bertema "Sinergitas program dan kegiatan TP PKK Provini Bali dan TP PKK Kabupaten/Kota" itu membahas sinergitas program-program unggulan yang dicanangkan, contohnya pasar rakyat dengan konsep "terima kasih".

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, pihaknya sudah bergotong-royong dengan DWP, GOW dan organisasi yang lain mewujudkan visi penggerak PKK 2024 yaitu mewujudkan keluarga yang sehat, cerdas, berdayaguna, berakhlak mulia menuju Indonesia Maju 2024.

"Dengan 5 misi bergerak, yaitu menyatukan program nasional yang menjadikan keluarga sebagai perubahan di era pembangunan menuju Indonesia maju. Demi lancarnya program-program PKK harus saling linear dengan TP PKK Pusat, Provinsi, hingga Kabupaten/Kota," katanya.

Rai Wahyuni menjelaskan tugas-tugas acuannya dari pusat, kemudian dilanjutkan ke Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan ke Desa. "Yang paling bawah namanya dasa wisma. Kita berusaha sebisa mungkin lakukan program unggulan dengan sosialisasi," katanya.



Menurut Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, sosialisasi program telah dilakukan dalam berbagai platform, termasuk media cetak, radio, media sosial, hingga turun langsung ke masyarakat.

Selain sosialiasi terkait langkah-langkah berjuang dan menghadapi pandemi, pihaknya menekankan pentingnya program "Aku Hatinya PKK".

"Selama pandemi, kami selalu monitoring dan sosialisasikan untuk memanfaatkan lahan pekarangan warga. Jadi, pekarangan itu kita manfaatkan untuk menanam tanaman yang memberikan manfaat kembali kepada masyarakat dan mampu membantu menekan pengeluaran keluarga," kata Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Dalam acara itu, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster berpesan, agar PKK menyadari tanggung jawab sebagai tim penggerak, yang tugasnya yaitu menggerakkan.

"Kami juga mohon kepada masyarakat bahwa apa yang kita sampaikan adalah untuk kebaikan masyarakat dan kami harapkan partisipasi aktif dari kita semua demi kesuksesan pembangunan di Bali," katanya.


 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022