Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bangli bersinergi dengan Kementerian ESDM mengadakan webinar dan pelatihan UMKM di Kawasan Geopark, dengan topik "Dekranas Goes To Geopark" di Museum UNESCO Global Geopark Gunung Batur, Kintamani, Bangli. 
 
"Acara yang diselenggarakan secara hybrid tersebut diawali dengan webinar dan selanjutnya dilaksanakan pelatihan dan diklat selama enam hari yang diselenggarakan oleh PPSDM Geominerba serta dimeriahkan dengan pameran produk kerajinan UMKM kawasan Unesco Global Geopark Gunung Batur," kata Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, dalam keterangan pers di Bangli, Selasa.

Baca juga: Dekranasda Bali: jangan pamerkan kain songket tiruan
 
Dalam kegiatan itu hadir Wakil ketua harian II Dekranas Nani Hadi Tjahyanto, Kabid Wirausaha Baru Endang Budi Karya, Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono, dan Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Energi Sumberdaya Mineral Prahoro Yulianto.

Selain itu, Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ibu Putri Koster, Bupati Bangli Sedana Arta, Ketua Dekranasda Kabupaten Bangli Sariasih Sedana Arta, General Manager UNESCO Global Geopark Gunung Batur Ida Bagus Gde Giri Putra, segenap pengurus Dekranasda Kabupaten Bangli serta undangan lainnya.
 
Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gunung Batur dan Danau Batur sebagai lambang purusa unsur maskulin dan pradana unsur feminim, yang keduanya saling bertemu sehingga menghasilkan entitas kehidupan alam semesta beserta isinya.

Gunung Batur diyakini memberikan berkah pada kesuburan tanah kepada ibu pertiwi,dan danau Bbatur merupakan hulunya sumber mata air di Bali sehingga kami yakin Bangli adalah sarining Padma Bhuana Bali.

Baca juga: Pemkot Denpasar lakukan program INNOPA pacu kaum milenial berkarya
 
Sedana Arta menambahkan penetapan status sebagai Global Geopark Network untuk kawasan caldera batur Kintamani tentu membawa harapan angin segar bagi masyarakat kami di Bangli, karena pengembangan geopark pada prinsipnya adalah pengembangan potensi warisan geologi Geoheritage keanekaragaman hayati (Biodiversity) dan keanekaragaman budaya (Culture Diversity).

Baca juga: Dekranasda Bali ajak perajin lokal kreatif tata tampilan produk

Keberadaan geopark tentunya harus memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal agar mampu menjaga dan melestarikan untuk generasi dimasa yang akan datang.

Oleh sebab itu kami mengucapkan terimakasih atas diluncurkanya program Dekranas Goes To Geopark,untuk meningkatkan peran UMKM dalam menumbuhkan perekonomian daerah melalui kegiatan webinar dan diklat UMKM.
 
Bupati yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangli ini menambahkan, Pemkap  Bangli mengapresiasi dan menyambut gembira pelaksanaan program ini, dengan harapan nantinya para UMKM Bangli dapat bangkit kembali di tengah dampak Pandemi Covid-19 yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian daerah, nasional dan glogal. “Tutup Sedana Arta” .
 
Ketua Dekranasda Bali Putri Koster mengucapkan terimakasih kepada pengurus Dekranas pusat atas perhatian dan partisipasinya terhadap Dekranasda Provinsi Bali sehingga acara Webinar dan diklat ini bisa dilaksanakan dengan baik. 
 
Ia menambahkan kami bertugas mengawal IKM dan UMKM yang tentunya terkait dengan kerajinan sebagaimana tugas pokok dari Dekranas adalah Dewan Kerajinan Nasional kami yang ada di Daerah Bali.

Baca juga: Menkop/UKM Teten Masduki: Pemerintah dorong UMKM naik kelas

Di masa pandemi Dekranasda Bali bersinergi dengan PKK seluruh bali menggelontorkan 410 ton beras untuk kader kader yang ada diseluruh Bali,dan pertama kali juga Dekranasda Bali mempelopori untuk membuat masker dari kain,

Para IKM kita yang tadinya membuat busana busana untuk eksport akhirnya banting setir dan fokus membuat masker ada yang di payet bahkan ada yang di lukis untuk menambah nilai jualnya maka, “dengan dilaksanakannya acara ini harapan saya agar Dekranasda di masing-masing Kabupaten Kota supaya mereka bisa membuka ruang-ruang untuk para UMKM agar mereka bisa memamerkan dan menawarkan produk.”

Baca juga: Disperindag Denpasar-Uniqlo berikan ruang pameran UKM di mal
 
Wakil Ketua Harian II Dekranas Nani Hadi Tjahyanto dalam sambutanya menyampaikan, mari kita lestarikan hasil alam ini dengan baik yang nantinya bisa kita manfaatkan menjadi sebuah kerajinan, salah satunya adalah bambu yang bisa kita gunakan menjadi barang barang kerajinan yang bisa kita jual dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

"Saya berharap UMKM tetap bangkit,tingkatkan kualitas kerajinan,sebagai tuan rumah di Negeri sendiri,jangan takut bersaing dengan dunia luar.

 “Saya berpesan kepada peserta pelatihan, manfaatkan kesempatan emas ini dengan baik, untuk melatih kemampuan agar UMKM menjadi lebih baik untuk ke depanya.” kata Nani”
Acara diakhiri dengan penyematan tanda peserta latihan dan pemukulan kul kul sebagai pertanda acara webinar dan Diklat Pelatihan Pengembangan UMKM Di Kawasan Geopark Gunung Batur Kintamani dimulai.
 
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021