Pemerintah Kabupaten Badung, Bali bersama dengan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur menjajaki hubungan kerja sama antar pemerintah daerah di bidang pembangunan ekonomi maupun pembangunan di bidang-bidang lain.

"Hubungan kerja sama antar pemerintah daerah atau sister city dalam satu kawasan sangat diperbolehkan, sehingga hubungan kerja sama antara Kabupaten Badung dan Kabupaten Jember nantinya dapat dijalankan sesuai regulasi yang berlaku," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, antara Kabupaten Badung dan Jember juga memiliki kesamaan potensi sehingga kedua belah pihak nantinya akan melakukan penyempurnaan berkenaan dengan tata kelola.

Dalam rangka menjalin hubungan kerja sama itu, Pemkab Badung juga telah menerima kunjungan kerja yang dilakukan Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Ketua DPRD M. Itqon Syauqi beserta rombongan.

Baca juga: Badung-NTB berbagi informasi dalam pengendalian inflasi daerah

Bupati Giri Prasta mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada rombongan Pemkab Jember yang melakukan studi komparasi di wilayah Badung.

"Kami di sini saling berbagi ilmu dan pengalaman sebagai kepala daerah. Dan kami sudah pastikan nantinya juga akan berkunjung ke Kabupaten Jember,” ungkap Giri Prasta.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan, pihaknya memilih Badung sebagai lokasi kunjungan kerja karena Pemkab Badung dinilai telah berhasil dalam mengayomi masyarakatnya dan seluruh kegiatannya berorientasi sebanyak-banyaknya untuk masyarakat.

"Ini yang akan jadi contoh konkret bagi kami di Jember. Untuk itu, kami hadir disini melakukan studi tiru bukan studi banding. Karena kami perlu langsung bisa konkret kerja agar masyarakat Jember tidak perlu menunggu lama," katanya.

Baca juga: Pemkab Buleleng lakukan studi komparasi ke Pemkab Gianyar dan Badung

Pihaknya berharap, kegiatan kunjungan kerja yang dilakukan ke Badung itu nantinya juga bisa ditindaklanjuti dengan kesepakatan nota kesepahaman (MoU) Sister City agar terjalin kerja sama secara berkelanjutan.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021