Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Bali melakukan pemantauan bahan pokok di pasar rakyat menjelang hari suci Galungan dirayakan umat Hindu di Bali yang jatuh pada Rabu (10/11).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari di Denpasar, Senin, mengatakan menjelang hari suci Galungan dan Kuningan biasanya terjadi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok secara signifikan di Bali.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga dan kelangkaan stok barang, pihaknya melakukan pemantauan atau monitoring harga bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasar rakyat di Kota Denpasar.

"Kegiatan pemantauan atau monitoring ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan Disperindag Kota Denpasar menjelang hari raya keagamaan, seperti Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mengingat situasi saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19 maka monitoring di pasar rakyat dilakukan secara bertahap, yakni di Pasar Badung dan Pasar Ketapean," kata Sri Utari.

Selain menjelang hari raya, Sri Utari mengaku juga melakukan monitoring harga bahan kebutuhan pokok setiap dua kali dalam sepekan, yakni Senin dan Kamis. Monitoring dilakukan menjelang hari raya maupun setiap minggunya untuk mengetahui kelancaran distributor dan jumlah stok bahan kebutuhan pokok.

Ia mengatakan dalam monitoring yang dilakukan hari ini harga masih stabil dan tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan. Selain itu pasokan bahan kebutuhan juga mencukupi.

"Adanya monitoring secara bertahap kami harapkan setiap hari raya tidak terjadi kenaikan harga atau pun kelangkaan bahan kebutuhan pokok," ujarnya.

 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021