Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Denpasar, Bali menyelenggarakan bimbingan teknis kepada Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setempat dalam upaya penguatan kapasitas PAUD kecamatan hingga desa dan kelurahan.

Bunda PAUD Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara di Denpasar, Senin, mengatakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dilaksanakan agar semua dapat memahami tugas, fungsi, dan peran bunda PAUD serta memiliki kesamaan persepsi terkait dengan PAUD berkualitas, menginisiasi pembentukan pokja dan menyusun program kerja dari tingkat kecamatan dan desa/ kelurahan.

"Hal ini karena kita bersama telah berkomitmen untuk memajukan PAUD Kota Denpasar," kata dia.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut mendapatkan pemahaman yang sama tentang Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD, pentingnya PAUD sebagai kesempatan yang tidak bisa diulang kembali, strategi peningkatan akses, kemitraan PAUD dan orang tua, ekosistem dan lainnya.

"Setelah adanya pemahaman tersebut kita bersama-sama membahas peran masing-masing yang dapat dilakukan dalam mendukung pemerintah mewujudkan PAUD berkualitas melalui pengembangan anak usia dini yang holistik integratif (PAUD HI). Bagaimana kita memberikan fasilitasi, advokasi, koordinasi, pendampingan dan monev program secara masif," ujarnya.

Menurut Antari Jaya Negara, melalui program kerja yang akan di susun nantinya dapat memberikan kontribusi secara optimal kepada pemerintah daerah dalam rangka memajukan PAUD Kota Denpasar.

Selanjutnya akan dipersiapkan pengukuhan Bunda PAUD kecamatan, desa, dan kelurahan, menyusun program kerja pokja Bunda PAUD pendampingan untuk program dan tentunya evaluasi program agar dapat dikembangkan di tahun berikutnya.

"Tujuan ini dapat tercapai, saya berharap para peserta dapat berperan aktif mengikuti kegiatan bimbingan teknis mulai hari ini hingga dua hari ke depan dari awal sampai akhir," katanya.

Ketua IGTKI Kota Denpasar Made Aryaningsih optimistis dengan kegiatan bimtek tersebut akan mampu mewujudkan tujuan dan harapan dari keberadaan PAUD.

"Keberadaan organisasi PAUD hingga ke desa dan kelurahan merupakan tujuan dari persiapan untuk membentuk karakter anak-anak masa depan," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021