TNI dan Polri di Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali bergotong-royong membersihkan sampah yang menyumbat di pintu bendungan.

"Selain dari kami dan TNI, dari instansi lain seperti kecamatan, desa serta masyarakat setempat juga turut serta dalam kegiatan ini," kata Kapolsek Negara Ajun Komisaris I Gusti Made Sudarma Putra, di sela-sela gotong-royong di bendungan Desa Kaliakah, Kamis.

Ia mengatakan, pembersihan pintu bendungan dari sampah itu untuk memastikan aliran air lancar, apalagi saat musim hujan seperti saat ini.

Baca juga: Jembrana dilanda bencana banjir dan tanah longsor

Menurutnya, tersumbatnya pintu bendungan sering menjadi pemicu luapan air di sekitar bendungan, maupun aliran sungai yang menuju ke bendungan.

"Di bendungan ini kami menemukan berbagai jenis sampah mulai ranting dan cabang pohon, serta sampah lainnya tersangkut di pintu bendungan," katanya.

Pihaknya berharap, dengan bersihnya pintu bendungan dari sampah, bisa mencegah terjadinya banjir di sekitar wilayah tersebut.

Selain Sudarma, turut serta dalam kegiatan ini Komandan Rayon Militer Negara Kapten Chb. Kariyanto, Camat Negara I Wayan Andy Suka Anjasmara, kepala desa, kepala dusun, kelian subak, Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021