Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali melakukan perompesan atau pemangkasan pohon perindang jalan sebagai upaya mengantisipasi angin kencang pada musim hujan.

Kepala Dinas DLHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa di Denpasar, Selasa mengatakan pohon perindang di sepanjang jalan sudah mulai dilakukan perompesan untuk mengantisipasi tumbang saat musim hujan.

"Cukup banyak pohon perindang di Kota Denpasar, karena itu perlu dilakukan perompesan dahan pohon tersebut, sehingga saat memasuki musim hujan tidak sampai tumbang karena diguyur hujan disertai angin kencang tersebut," ucapnya.

Baca juga: Angin kencang tumbangkan puluhan pohon jalan raya Denpasar-Gilimanuk

Selain itu, kata dia, saat musim penghujan beban pohon perindang lebih berat dari biasanya. Sehingga, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka DLHK secara intensif melaksanakan perompesan pohon terlalu rimbun. Hal ini diharapkan mampu meringankan bebah pohon untuk meminimalkan terjadinya pohon tumbang.

Menurut Ida Bagus Putra, pelaksanaan perompesan pohon perindang, selain untuk meringankan beban dan mencegah terjadinya pohon tumbang, juga sebagai upaya untuk mempercantik wajah kota, sehingga terlihat rapi dan indah.

“DLHK secara rutin melaksanakan perompesan pohon perindang di seluruh ruas jalan Kota Denpasar. Kami juga harapkan masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar, khususnya pohon perindang yang dinilai penting untuk dilakukan perompesan," ujarnya.

Ia mengatakan secara berkelanjutan pihaknya terus melaksanaman pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. Sehingga apakah diperlukan penanaman ulang atau cukup dengan perompesan saja.

"Selain menindaklanjuti aduan masyarakat terkait pohon perindang, juga dilaksanakan pemetaan usia dan kondisi pohon untuk dilaksanakan perompesan rutin. Di DLHK ada empat regu. Satu regu beranggotakan delapan sampai 10 orang yang rutin tiap hari melakukan pemantauan dan perompesan pohon," ucapnya.

Baca juga: DLHK Denpasar pangkas pohon perindang saat musim hujan

Dikatakan saat ini DLHK telah melaksanakan perompesan di beberapa titik yang dilaksanakan secara rutin memasuki musim penghujan. Tim DLHK melaksanakan keliling serta mengecek pohon perindang di seputaran Kota Denpasar.

"Nanti jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilaksanakan perompesan,” kata Ida bagus Putra menegaskan.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021