Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang bermarkas di Kabupaten Jembrana, Bali, ikut mengawal penerapan PPKM di wilayah setempat.

"Ratusan personel kami turut berperan aktif lewat Satgas COVID-19 untuk membantu penerapan PPKM," kata Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 741/Garuda Nusantara LetKol Inf Riza Taufiq Hasan, di Negara, Selasa.

Ia mengatakan, peran aktif itu meliputi pengawasan disiplin penerapan protokol kesehatan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat.

Menurutnya, untuk membendung laju penularan virus COVID-19 dibutuhkan peran semua pihak, khususnya dalam disiplin penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Polres dan Satgas berkolaborasi tanggulangi COVID-19 di Tabanan

Secara umum, ia menegaskan, pihaknya siap dikerahkan sewaktu-waktu untuk membantu kepentingan atau program pemerintah termasuk dalam penanggulangan COVID-19.

"Ada 100 personel kami yang terlibat dalam Satgas COVID-19 sampai ke desa-desa. Selain penerapan disiplin protokol kesehatan, juga mencakup sosialisasi serta memberi motivasi kepada warga yang menjalani isolasi terpusat," katanya.

Selain itu, sosialisasi terhadap pelaksanaan vaksinasi juga wajib dilakukan seluruh anggotanya dimanapun berada.

"Dimanapun bertemu masyarakat, prajurit kami menyelipkan sosialisasi vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan," katanya.

Dari pantauan yang dilakukan, ia mengatakan, masyarakat Bali khususnya Kabupaten Jembrana sudah mengikuti penerapan PPKM dengan baik.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021