Manggala Utama (ketua umum) Paiketan Krama Istri (Pakis) Majleis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali Putri Koster mengajak kaum ibu di Pulau Dewata agar mengedukasi anak-anak mereka tentang pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan di tengah munculnya varian baru COVID-19.

"Kaum ibu mempunyai peran penting dalam menjaga dan mengingatkan anak-anak untuk tertib menerapkan protokol kesehatan kapanpun dan dimanapun berada," kata Putri Koster dalam dialog di Denpasar, Kamis.

Dengan menanamkan kesadaran disiplin protokol kesehatan kepada anak-anak, lanjut dia, tentu hal ini akan menghindari mereka dari penularan virus corona yang telah bermutasi dengan munculnya varian delta itu.

"Hal ini kita lakukan adalah demi menjaga dan menjamin kesehatan mereka agar tidak tertular," ucap wanita yang juga istri Gubernur Bali itu.

Menurut Putri Koster, tugas dan tantangan seorang ibu pada masa pandemi inipun makin bertambah. Salah satunya, saat ini seorang ibu dituntut mengambil alih tanggung jawab sebagai guru di rumah.

"Selain kasih sayang sebagai ibu, ketegasan dan kesigapan seorang ibu juga dituntut saat membimbing anak-anak mereka ketika sedang belajar di rumah," katanya.

Demikian pula sebagai pendamping orang nomor satu di Bali, ia juga memiliki tanggung jawab besar terhadap masyarakat Bali. Salah satunya adalah mengedukasi masyarakat agar taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Seperti yang sedang dihadapi saat pandemi, pemerintah akan melakukan tindakan untuk melindungi masyarakatnya dari paparan virus, dengan beberapa imbauan dan aturan agar masyarakat tetap terlindungi dari COVID-19," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Putri Koster juga menyampaikan vaksinasi untuk penyandang disabilitas akan dilaksanakan mulai Jumat (20/8) di Wantilan DPRD Bali, Kota Denpasar.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021