Jakarta (Antara Bali) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, pemerintah akan meningkatkan produksi beras Pandan Wangi asal Cianjur.

"Isu yang diangkat adalah mengenai bagaimana kami bisa mempertahankan beras Pandan Wangi, karena panennya cuma dua kali dalam setahun, sedangkan produk lain minimal bisa tiga kali," katanya saat mengunjungi sistem resi gudang (SRG) di Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (6/7).

Ia menilai, produk Pandan Wangi merupakan beras khas daerah yang kualitasnya sudah nasional dan bahkan internasional.

Namun, mengingat masa panen yang hanya dua kali dalam satu tahun, maka banyak petani di Cianjur mengalihkan penanaman dengan padi jenis lain, karena kekurangan biaya hidup.

"Beras Pandan Wangi memiliki pencitraan yang luar biasa dan saya  mengimbau kepada kawan-kawan di daerah untuk mengedepankan produk daerah agar menjadi produk nasional dan setelah itu jadi produk internasional," jelas dia.

Gita menegaskan, dirinya akan mencari jalan keluar dalam membantu meningkatkan produksi beras Pandan Wangi seperti bekerja sama penelitian dengan Institut Pertanian Bogor untuk mempercepat masa panen atau memperluas lahan pertanian.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012