Yayasan Pino Bahari Indonesia (YPBI) adakan olahraga wisata (event sport tourism) "Bali Boxing Day III" yang akan melibatkan sedikitnya 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan ekspatriat di Canggu, Kabupaten Badung pada 13 Agustus 2021.

Ketua YPBI, Pino Bahari di Denpasar, Rabu, mengatakan kegiatan ini sudah direncanakan secara matang di tengah pandemi COVID-19, sehingga para peserta dan penonton nantinya wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Peserta dan penonton ajang 'Bali Boxing Day III' wajib mengikuti aturan dan penerapan protokol kesehatan, kata Pino Bahari didampingi promotor kegiatan Charlie Usfunan.

Baca juga: DPRD Bali dukung pemprov bangun sasana tinju internasional

Pino Bahari lebih lanjut mengatakan para peserta dari luar daerah sangat antusiasme datang ke Bali untuk mengikuti ajang "Bali Boxing Day III".

"Dengan antusiasme para peserta tersebut, maka persiapan dari kami juga semakin dimantapkan. Peserta yang akan bertanding pada ajang ini terbagi dalam tiga kategori, yakni anak-anak, remaja dan dewasa," kata Pino Bahari yang juga legendaris petinju nasional ini.

Ia mengatakan rencana awal kegiatan bergengsi ini diselenggarakan pada 24 Juli 2021, namun karena situasi pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, maka pihaknya menunda hingga 13 Agustus mendatang.

Menurut Pino Bahari, peserta dari berbagai daerah sudah sangat antusias dan menyatakan kesiapannya untuk hadir, seperti dari Papua, Jakarta, NTB, Kediri, NTT, Manado, Bali dan Aceh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan YPBI untuk mengangkat kunjungan wisata lewat ajang olaharaga tersebut (sport tourism).

"Kami dari pemerintah mendukung kegiatan tersebut, sehingga di tengah pandemi ini masih banyak kelompok masyarakat, seperti YPBI untuk mendatangkan kunjungan wisata," ujarnya.

Baca juga: Pino Bahari libatkan petinju asing di pertandingan tinju di Bali

Ia mengatakan sebelum pandemi ini, pemerintah telah mencanangkan salah satunya Bali sebagai tujuan wisata olahraga. Karena tempat-tempat untuk wisata olahraga di Pulau Dewata cukup memadai.

"Pemerintah sebelum dilanda pandemi telah mencanangkan Bali selain tujuan wisata alam dan budaya, tapi juga menjadi tujuan wisata olahraga. Bahkan direncanakan beberapa ajang wisata olahraga sudah siap digelar di Bali," ucapnya.

General Manager Lv8 Resort Hotel dan Vue Beach Club Canggu, Krisna Dewi Umbara mendukung sepenuhnya ajang tersebut. Pihaknya telah menyediakan lokasi untuk pertandingan "Boxing Day III".

"Ajang olahraga tinju ini tetap mempertahankan kekhasannya, yakni bertinju di atas kolam renang. Suasana yang nyaman di hotel tersebut serta pemandangan pantai dan dengan menikmati pemandangan matahari tenggelam (sunset) akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta maupun penonton," ujarnya.

Baca juga: Pino Bahari getol latih petinju sejak dini

Ajang tinju dengan ring di atas kolam renang ini menggelar 15 partai yang disiarkan secara "offline dan live streaming". Sementara hadiah bagi peserta disiapkan berupa medali emas untuk juara pertama dan medali perak untuk juara kedua serta piagam penghargaan.

Pino Bahari menambahkan, selain "Bali Boxing Day III" kali ini juga dilengkapi dengan "Coaching Clinic" tentang tinju. Sehingga peserta akan mengetahui lebih lanjut terkait teknik-teknik tinju tersebut.


 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021