Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menyatakan dukungan untuk pengembangan potensi wisata spiritual di Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, berupa mata air yang dijadikan tempat pesucian/melasti di sebelah barat Desa Bakas, tepatnya di sekitar aliran sungai/tukad melangit.

Keterangan resmi yang diterima dari Humas Pemkab Klungkung, Minggu, menyebutkan dukungan itu disampaikan Bupati saat meninjau lokasi potensial itu bersama Kepala Dinas Pariwisata, A.A Gede Putra Wedana, Camat Banjarangkan, Dewa Komang Aswin, dan tokoh masyarakat setempat (1/5).

Bupati Suwirta melihat dari dekat lokasi destinasi wisata tersebut. Posisi tempat pesucian itu berada di bawah tebing. Untuk mencapainya, Bupati bersama rombongan harus menyusuri jalan setapak di tengah sawah, lalu menuruni puluhan anak tangga yang terbuat dari beton. Sebelum mencapai lokasi tempat pesucian, pemandangan indah tersaji di tengah perjalanan. Dari atas terlihat pepohonan hijau dan lembah dengan aliran sungai/tukad melangit.

Baca juga: Bupati Klungkung terima kunjungan Tim Ahli BBRBLPP untuk kembangkan Nusa Penida

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan saat ini Pemkab Klungkung sedang serius untuk pemberdayaan desa wisata dan desa yang dikunjungi kali ini merupakan salah satu potensi yang didukung. Untuk menyukseskan program ini tidak cukup hanya Pemeritah Daerah, tetapi perlu adanya kerja sama yang baik dari perangkat desa.

"Kami di Pemerintah Daerah sangat mendukung pengembangan destinasi wisata di Desa Bakas ini, saya sudah melihat perencanaannya. Kerja sama yang baik antara Pemerintah daerah dengan Perangkat daerah tentu terus dilakukan agar destinasi wisata ini bisa berkembang dengan sebaik-baiknya," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan semua potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Bakas ini, termasuk modal/keuangan yang bisa dibuatkan konsorsium, sehingga desa wisata ini bisa dimiliki oleh Desa Bakas itu sendiri, baik itu BUMDes, Pokdarwis atau mungkin bisa dimiliki oleh semua warga yang memiliki kemampuan finasial.

"Jadi tetap terus semangat mengembangkan potensi Desa Wisata ini dengan bentuk konsep konsorsium, sehingga desa wisata ini bisa dimiliki oleh warga disini," harap Bupati Suwirta sembari memberikan dukungan kepada Desa Bakas.

Baca juga: Dubes Kanada kunjungi Nusa Penida

Di desa setempat, Bupati juga menyerahkan bantuan sarana olahraga Bola Volly dan sebuah net Volly dari KONI Klungkung kepada Persatuan Bola Volly Omega dan Persatuan Bola Volly Tombak Bakas, Dusun Kangin, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangan, Kabupaten Klungkung.

"Masing-masing klub menerima dua buah bola Volly dan sebuah net Volly. Manfaatkan sarana dan prasarana bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Jaga semangat latihan untuk bisa berlaga mewakili Klungkung ke tingkat yang lebih tinggi," katanya didampingi Ketua Umum KONI Klungkung, I Wayan Subamia.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021