Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, pihaknya berkomitmen menjadikan Badung sebagai kabupaten yang maju dan bebas korupsi, karena itu
hal itu dituangkan ke dalam RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung 2016-2021 pada misi ketiga yaitu memantapkan tata kelola pemerintah dengan menerapkan prinsip good governance dan clean government,".

"Upaya pencegahan korupsi dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) merupakan suatu gerakan yang harus didukung bersama seiring dengan agenda Nawa Cita keempat Presiden RI Joko Widodo yaitu menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya," ujarnya dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Sabtu.

Baca juga: Capaian MCP Pemkab Badung sebesar 90,58 persen

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan wilayah yang bebas korupsi, pihaknya beberapa waktu yang lalu juga telah diskusi dengan Tim Satgas KPK RI melalui kegiatan Monitoring Centre for Prevention (MCP).

"Monitoring dan evaluasi dari Tim Satgas KPK RI tersebut merupakan sarana pembelajaran dalam rangka pencegahan korupsi sehingga Badung ini menjadi kabupaten yang maju dan bebas korupsi," katanya.

Terkait dengan MCP Triwulan I, menurut Bupati Giri Prasta Pemkab Badung telah melakukan input terkait indikator-indikator pada area intervensi yang telah dapat dipenuhi. Pihaknya berkeyakinan untuk indikator-indikator lainnya dapat dipenuhi pada periode berikutnya.

"Kami juga memohon kepada Tim Satgas KPK RI untuk dapat memberikan masukan dan evaluasinya, sehingga bisa kami lakukan perbaikan-perbaikan dimasa yang akan datang," ungkapnya.

Baca juga: Bali raih peringkat pertama "MCP" oleh KPK

Sementara itu, Ketua Satgas Tim Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK RI Sugeng Basuki mengatakan, Kabupaten Badung telah secara aktif melaporkan pencegahan korupsi terintegrasi melalui aplikasi jaga.id.

"Untuk tahun yang lalu Badung tampil dengan capaian terbaik diantara pemerintah kabupaten/kota se-Bali, bahkan pernah memimpin MCP tertinggi di Indonesia pada dua triwulan tahun 2020 dengan nilai indek MCP 90.58," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021