Denpasar (Antara Bali) - Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) dan Ikatan Keluarga Etnis Batak (IKEB) ikut memeriahkan pawai budaya mengawali pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 yang disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono di Denpasar, Minggu sore.

"Tim Ikemal maupun IKEB menampilkan keunikan seni budaya daerah masing-masing," kata Ketua Seksi Pawai PKB I Gede Arya Sugiartha di Denpasar.

Pada pawai yang dipusatkan di depan Monumen Bajra Sandhi, kawasan Niti Mandala Renon, Denpasar, itu Ikemal Bali menampilkan sebuah garapan seni yang diberi judul "Arumbai".  Arumbai adalah sebuah nama sejenis perahu tradisional masyarakat Maluku yang berhiaskan kepala dan ekor naga di haluan dan buritannya.

Perahu Arumbai senantiasa digunakan untuk menangkap ikan dan berperang saat situasi genting. Sejarah mencatat bahwa Kapitan Pattimura menggunakan perahu Arumbai sebagai salah satu strategi kunci dalam melawan penjajah Belanda.

Selain warga Maluku dan Batak, Pemerintah Kota Mataram, NTB, dan Pemkot Palangkaraya, Kalteng, juga turut memeriahkan acara tersebut dengan mengirimkan duta seninya.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012