Denpasar (Antara Bali) - Guru Besar Universitas Udayana Prof Dr I Wayan Windia mendorong pengembangan sektor pariwisata di Bali berbasis budaya masyarakat setempat.
        
"Upaya itu untuk mewujudkan keberpihakan pemerintah terhadap rakyat serta mendorong tumbuhnya industri jasa sesuai potensi, kondisi, keunggulan, dan kemampuan masyarakat setempat," katanya di Denpasar, Sabtu.
        
Menurut dia, prinsip pokok pengembangan wisata perdesaan berdasarkan kaidah untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat dan wisatawan terhadap budaya, tradisi, dan kelestarian lingkungan.
        
Namun pada sisi lain mampu meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat. Oleh sebab itu kegiatan wisata ke depan mampu meningkatkan kualitas kehidupan, memperoleh nilai baru yang bermanfaat sebagai pegangan hidup.
        
"Kegiatan wisata sekaligus menjadi wahana pencerahan dan pembelajaran bagi wisatawan maupun tuan rumah daerah kunjungan wisata," ujar Prof Windia.
        
Ia mengingatkan, jika prinsip dasar pengembangan wisata desa itu diterapkan dengan baik, akan mampu membuka manfaat meningkatkan insfrastruktur desa, kualitas pemukiman, meningkatkan wawasan dan SDM serta mencegah urbanisasi.
        
"Perda pariwisata budaya menekankan prinsip keterlibatan masyarakat desa secara aktif dari proses perencanaan sampai pelaksanaan, evaluasi hingga pembangunan desa," tutur Prof Windia.(*/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012